Kolom M.U. Ginting: Keterlibatan Tionghoa dalam Politik

0
191

M.U. Gintingmuginting 73Keterlibatan etnis Tionghoa dalam politik di Indonesia menjadi lebih meningkat dengan perkembangan situasi sekarang ini.

Ketika perjuangan kemerdekaan, etnis ini banyak yang dengan tulus dan ikhlas membela perjuangan kemerdekaan. Selain ikut langsung juga, terutama dari segi yang mereka punya kemampuan, yaitu dukungan moral dan ekonomi. Di Tanah Karo juga banyak buktinya.

Abad 21 banyak sekali yang ikut aktif dalam pergolakan politik. Ini adalah perubahan dan perkembangan positif. Ada juga yang bahkan jadi wakil ketua umum partai-partai politik, seperti Rudi Kirana di PKB, Hari Tanou di Hanura. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahok adalah contoh yang sangat bagus bagaimana etnis ini bisa memberikan peranan sepesifiknya dalam proses perubahan dan perkembangan Indonesia.

Pemilih muda dan pemula etnis Tionghoa menurut Alex Chandra ”memiliki karakter kritis, idealis, lebih independen, anti status quo, pro perubahan dan lebih rasional”. Betul sekali memang gambaran ini. Kita mengharapkan sukses besar kepada etnis Tionghoa Karo dalam cita-cita pembangunan bersama negeri ini dan Tanah Karo khususnya.

 

Leave a Reply