Status Awas Sinabung Turun ke Siaga

0
171

priska 19BRANDY KARO SEKALI. KABANJAHE.  Terhitung sejak hari ini [Selasa 8/4: Pkl. 17.00 WIB], status Gunung Sinabung secara resmi telah diturunkan menjadi Siaga (Level III). Penurunan ini mengakhiri status Awas (Level IV) yang dikenakan terhadap gunung ini sejak November 2013.

Penurunan status Gunung Sinabung dari Awas menjadi Siaga ini disampaikan langsung oleh Mantan Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Surono yang kini telah menjabat sebagai Kepala Pusat Badan Geologi melalui laman Facebooknya. Menurut Surono, penurunan status Sinabung tersebut sesuai dengan pengamatan bahwa telah terjadi penurunan intensitas erupsi dan aktivitas vulkanik dalam beberapa hari terakhir.

“Yth. Bapak/ Ibu dan semua pihak yg berkepentingan, ijin menyampaikan, sehubungan dgn tlh terjadi penurunan intensitas erupsi dan aktivitas vulkanik, maka status G. Sinabung DITURUNKAN dari Awas ke Siaga terhitung 8 April 2014, pukul 17:00 WIB,” tulis Surono.

Terkait dengan penurunan status Gunung Sinabung, sejauh ini pihak PVMBG telah mengeluarkan beberapa rekomendasi, diantaranya, yaitu:

1. Ada 7 Desa dan 1 Dusun yang harus tetap diungsikan, diantaranya adalah Sulkameriah, Bekerah, Simacem, Gurukinayan, Kutatonggal, Berastepu, Gamber, dan Sibintun.

2. Terkait penurunan status Awas Sinabung menjadi Siaga, ada 8 Desa dan 1 Dusun yang dipulangkan ke rumah masing-masing, diantaranya Mardinding, Perbaji, Selandi, Sukanalu, Sigarang-garang, Kutarayat, Kutatengah, Kutagugung, dan Lau Kawar.

Sementara itu pihak Pemerintah Daerah Karo dimintakan agar menyiapkan atau menambah jalur evakuasi dari Desa Kutatengah, yang jalurnya menjauhi daerah bahaya, sebelum warga Desa Kutatengah dikembalikan dari tempat pengungsian.

Leave a Reply