Kondisi Sinabung Hari Ini

0
106

Natanael Milala

NATANAEL MELIALA. KABANJAHE. Berikut ini kami tampilkan data mengenai kondisi Gunung Sinabung hari ini yang diperoleh dari Media Centre Bencana Gunung Sinabung, Kabanjahe.

 

VISUAL:

Cuaca cerah, angin tenang, dan suhu udara 17-19 Cº. Asap putih tebal tinggi 500 m. Teramati guguran lava pijar dari tengah lidah lava (sisi Barat) sejauh 1.500 m, ke arah Selatan.

SEISMISITAS:

– 35 x Guguran; Amax: 24-100 mm;

– Lg: 17-125 dtk.

– Tremor menerus, pkl. 00:00-06:00 WIB;

– Amax: 3-42 mm (dominan 22 mm).

 

REKOMENDASI

Status kegiatan Gunung Sinabung telah diturunkan dari Status AWAS (Level IV) menjadi SIAGA (Level III) terhitung sejak 8 April 2014: Pkl. 17:00 WIB.

Namun demikian, direkomendasikan agar:

1. Warga yang berasal dari wilayah Radius 3 Km dari kawah Sinabung agar tetap diungsikan agar tetap diungsikan. Wilayah ini termasuk di dalamnya adalah Desa-desa Sukameriah, Bekerah, dan Simacem.

2. Warga yang berada di luar wilayah Radius 3 km tapi berpotensi terancam guguran lava dan luncuran awan panas agar tetap diungsikan. Desa-desa yang termasuk adalah Gurukinayan, Kutatonggal, Berastepu (termasuk Dusun Sebintun), dan Gamber.

3. Warga yang tinggal di Desa Mardinding, Desa Perbaji, Desa Selandi, Desa Sukanalu, Desa Sigarang-garang, Desa Kutarakyat, Desa Kutagugung, Desa Kutatengah,dan Dusun Lau Kawar dapat kembali ke rumah masing-masing setelah membersihkan atap yang terkena abu vulkanik tebal/mengganti atap, serta melakukan kegiatan seperti biasa.

4. Pemda agar menyiapkan/menambah jalur evakuasi dari Desa Kutatengah yang jalurnya menjauhi daerah bahaya, sebelum masyarakat Desa Kutatengah dikembalikan dari tempat pengungsian.

Rekomendasi ke 4 mengingatkan kita bahwa Gunung Sinabung tetap saja berpotensi untuk meletus kembali dan statusnya bisa meningkat lagi.

Leave a Reply