Harimau Jelutong Itu Telah Pergi

0
235

ejan 5EJAN TARIGAN. PENANG. Pengacara ternama sekaligus politikus senior Malaysia, Karpal Singh, meninggal dunia kemarin [Kamis 17/4] setelah mengalami kecelakaan lalu lintas di KM302, North-South Expressway E1 tidak jauh dari Gua Tempurung, Perak (Malaysia).

Kecelakaan terjadi saat mobil Karpal (Toyota Alphard MPV) menghindari gerobak Mitsubishi Canter yang mengambil jalan terlalu ke kanan. Gerobak ini bermuatan alat-alat bangunan seperti semen, tiang-tiang besi dan tegel. Setelah diperiksa, ternyata pengemudi gerobak ini positif menghisap ganja, tapi belum dapat dipastikan apakah saat kecelakaan terjadi dia berada di bawah pengaruh ganja.

Karpal Singh Ram Singh atau Karpal Singh (28 Jun 1940 – 17 April 2014) adalah mantan pengurus Democratic Action Party (DAP) dan masih menjadi anggota DPRD Penang. Selain sebagai politikus, Karpal dikenal sebagai seorang pengacara ulung. Dia dianggap sebagai orang terdepan dalam menentang hukuman mati di Malaysia dan telah berhasil membela lebih 10 orang asing yang terancam hukuman mati akibat tuduhan menyeludupkan obat terlarang.

Namun begitu, Karpal justru menganjurkan hukuman mati bagi pelaku pelecehan sexual terhadap anak-anak. Karpal adalah pengacara Anwar Ibrahim yang dituduh melakukan sodomi. Dia juga terkenal sebagai penentang pembentukan negara Islam yang diperjuangkan oleh Partai Islam Malaysia (PAS). Dia dijuluki Harimau Jelutong karena dia tak pernah terkalahkan dalam pemilihan wakil rakyat dari Jelutong.

Jenazah mendiang tiba di rumah duka setelah selesai diadakan autopsi di Rumah Sakit Ipoh [Kamis Petang 17/4]. Diantara para pelayat terlihat Wakil Perdana Menteri Tan Sri Muhyiddin Yassin, Anwar, putrinya Nurul Izzah, Setiausaha Agung PKR Datuk Saifuddin Nasution Ismail, para pimpinan DAP dan para ativis sosial.

Menurut rencana, jenazah akan dikremasi dan abunya ditabur di Selat Pulau Pinang.

Leave a Reply