3 Nafas Likas Hadirkan Karo dengan Taste Karo

4
279

MURTI LATIA. MEDAN. Asisten sutradara 3 Nafas Likas, Harvan, mengaku kaget ketika Oreima Picture akan mengangkat kisah hidup Likas beru Tarigan.

hujan tarigan 8
Likas beru Tarigan (Ke dua dari kiri) (Foto: Juara R. Ginting, 2010)

“Selama ini, saya berpikir, kalau Medan itu Batak. Dan hanya Batak. Tetapi setelah menggali lagi dan bertanya sana sini, ternyata baru saya tahu, kalau Karo adalah Karo,” ujar jebolan sinematografi IKJ tahun 2007 itu.

Bagi Harvan, ikut dalam produksi film besutan sutradara Rako Prijanto ini adalah tantangan sendiri.

“Setelah kemarin ikut memproduksi film Sang Kyai, kini saya harus riset lagi untuk latar dan setting yang berbeda,” tambah dia.

“Kalau di film Sang Kyai, kita harus menghadirkan kesempurnaan berbahasa Arabnya KH Hasym Asyari, di film ini, kita harus menghadirkan rengget orang Karo yang ternyata berbeda-beda,” Harvan melanjutkan.

3 Nafas Likas ini, lanjut nantinya akan mengisahkan perjalanan panjang Likas beru Tarigan. Mulai dari masa revolusi di Sibolangit hingga kesertaannya mendampingi sang suami, Djamin Gintings ke Ottawa, Kanada.

“Oleh sebab itu, setiap tempat dan setiap masa, tentu ada perubahan rengget atau bahkan kosa kata, nah, ini juga bagian dari kerumitan. Kita mencoba sempurna mungkin menghadirkan Karo sehingga tastenya tak lari dari keadaan sebenarnya,” kata dia sambil menambahkan di film ini akan menggunakan sekitar 10 persen adegan yang menggunakan bahasa Karo.

Film yang akan dibintangi Vino G Bastian, Atiqah Hasiholan, Tutie Kirana dan sejumlah talenta muda Sumatera Utara ini mulai digarap pada 26 April ini.

“Kita mulai take gambar di Namo Sira-sira, kemudian Berastagi dan kemudian ke beberapa kota lain,” jelasnya.

Kisah yang diangkat dari buku biografi Likas “Perempuan Tegar dari Sibolangit” ini akan menceritakan perjalanan seorang perempuan Karo yang berusaha memegang tiga janjinya kepada tiga orang yang telah mengubah sudut pandangnya. Atiqah Hasiholan yang akan memerankan Likas muda akan beradu akting dengan Vino G Bastian yang akan memerankan sosok Djamin Gintings muda. Sedangkan Tutie Kirana akan memerankan sosok Likas tengah baya.

4 COMMENTS

  1. semoga pembuatan film ini sukses dan hasil nya maksimal., setelah film ini nanti berhasil mungkin bisa lanjut ke kisah yg sangat terkenal di masyarakat karo yaitu kisah pawang ternalem dan pujaan hatinya beru fatimar dan gurunya datuk rubia gande.

  2. Dari tgl 15 april kru film sudah berada di Pamah Semelir yang bernama Ade orang Solo .Katanya Tgl 26 besuk sudah mulai syuting di kampung halaman saya di Pamah Semelir , Kec :sei Bingai , Kab : Langkat Sumatra Utara..
    semoga sukses….Terima Kasih untuk kru film yg sudah memberikan tumpangan ke binjai dari pamah semelir tgl 21 april 2014 kmaren, dan saya melanjutkan perjalanan ke jakarta,Kru film yang ingin membeli material untuk keperluan syuting biografi Likas Tarigan tsb.Sekali lagi Semoga sukses…
    Mejuah-juah

  3. Makin banyak Karo tampil dan dibicarakan di media public hasilnya pasti positip untuk positioning Karo. Dan ini akan berdampak pada masa depan Karo yg lbh baik.

  4. Film, ‘Turang’ sutradara Bachtiar Siagian, berhasil menggambarkan ciri khusus perjuangan kemerdekaan suku Karo menentang penjajahan..
    Film Likas ini juga kita harapkan sebagai gambaran perjuangan, walaupun disini perjuangan seorang wanita Karo mengikuti seorang pejuang kemerdekaan di daerah Sumut,dan khusunya Sumatra Timur dan Karo sebagai salah satu tempat pemusatan kekuatan militer kolonial, karena daerah ini adalah sumber ekonomi terpenting bagi Belanda, berupa perkebunan karet dan tembakau dan juga pertambangan minyak di P. Berandan ketika itu.
    Kita mengharapkan sukses besar dalam pembuatan film ini.
    MUG

Leave a Reply