Kolom M.U. Ginting: Presiden, Nasional dan Internasional

0
181

M.U. Ginting muginting 88Kejadian-kejadian besar ekonomi dan politik di setiap negeri, sejak adanya globalisasi kapital, tak bisa dipisahkan dari pengaruh internasional; terutama dari gerakan modal besar atau finans besar internasional.

Basis utama modal finans global ini umumnya adalah SDA dan bunga dari utang. Karena itu, bagi seorang pemimpin nasional atau presiden sangatlah tak mungkin menjalankan tugasnya kalau tak punya pengetahuan soal gerakan kapital global ini. Menjalankan tugasnya sebagai presiden artinya demi kepentingan nation yang dipimpinnya. Kalau hanya menjalankan apa yang diperintahkan dari luar seperti Orba, tak perlu ada pengetahuan soal gerakan internasonal ini.

Kekuasaan terbesar di dunia ada di tangan mereka ini. Banyak kenyataan menunjukkan, terutama dari segi kekuasaan uang. Duit terbanyak adalah kekuasaan terbanyak. Ini hanya kenyataan saja, diperdebatkan tak perlu.

Ada 2 artikel yang patut dibaca oleh seorang pemimpin nasional; yaitu tentang tambang di Papua serta tentang politik bail out dan krisis 1998. Artikel atau tulisan-tulisan yang mirip dengan ini sudah banyak dan sering dipublikasi seluruh dunia. Ini hanya dalam rangka Pilpres kita kali ini, yang juga sangat menarik diikuti, Pilpres yang sangat dinamis dengan frekwensi tinggi.

Bukan berarti apa yang ditulis di tulisan-tulisan itu semuanya benar. Tetapi, di situ ada PENGETAHUAN DAN INFORMASI yang patut diketahui oleh seorang pemimpin nasional, terlebih-lebih bagi yang mengaku dirinya nasionalist.

Leave a Reply