Karo Demo Depdagri

2
235

ismail 1depdagri 2ISMAIL KARO-KARO. JAKARTA. Saat ini [Selasa 6/5] sedang berlangsung hunjuk rasa di Kantor Departemen Dalam Negeri RI (Depdagri) oleh sekitar seratusan orang Karo.

Adapun tujuan hunjuk rasa ini adalah: 1. Mendesak Pemerintah Pusat segera menetapkan pemimpin Kabupaten Karo yang sah. 2. Mempertanyakan sejauh mana sudah kebijakan Presiden RI terhadap janjinya kepada para pengungsi Sinabung 24 Januari 2014 lalu tentang bantuan logistik, kesehatan, beasiswa, penghapusan bunga pinjaman, insentif kepada pengungsi yang kehilangan pekerjaan, mendapatkan modal dari pemerintah bagi yang kehilangan ternak, lahan pertanian, dan relokasi terhadap pengungsi yang berada di radius 3 Km dari kawah Gunung Sinabung.

Para penghunjuk rasa mengenakan pakaian yang memperlihatkan cirri-ciri daerah asal mereka, yaitu Taneh Karo Simalem. Mereka juga membawa poster-poster dengan berbagai tulisan yang antara lain:

–          Hai, lae Sudi Silalahi, waktunya sudah lewat 30 hari. Ada apa dengan lae?!!

–          Jangan lindungi Kena Ukur Surbakti karena dia Ketua Partai Demokrat Kabupaten Karo !

–          Segera berkas pemakzulan Bupati Karo untuk dikeluarkan Keppres Pemberhentian !

–          Dan lain-lain.

Menurut rencana, hunjuk rasa ini akan berlangsung hingga Pkl. 17.00 Wib

2 COMMENTS

  1. Bisa juga dimulai dengan “Mejuah-juah silih Gamawan” dengan sopan santun Karo buka pembicaraan dengan mendagri. Tandanya orang Karo menghargai dan menghormati mendagri dalam usahanya menyelesaikan Bupati dan Sinabung. Nanti biar Tifatul Sembiring menterjemahkan kedalam bahasa Minang.
    Dua masalah ini sekarang sangat mendesak bagi rakyat Karo. Mari terus bergerak. Bikin Dialog, bikin Pencerahan dan bikin Harapan.

    MUG

  2. Uga enda silih Silalahi? Kalimat yang cocok dipakai dalam demo. Biar Sudi Silalahi menjelaskan kalimat ini kepada SBY. Dan bahwa ini dalam bahasa Karo, bukan bahasa Batak. Kemungkinan juga Silih kita SS tidak mengerti tetapi dia bisa tahu dari banyak orang sekelilingnya dan bisa menjelaskan ke SBY.
    Demo damai demokrasi ini bagus dan banyak artinya. Tandanya orang Karo, anak-anak muda dan seniornya semua ikut prihatin atas perkembangan dan kemajuan Karo, termasuk dalam hubungannya dengan bencana Sinabung yang sampai sekarang masih tetap janji. Masih banyak yang belum bisa pulang kembali, dan mungkin tidak akan pernah pulang kembali karena situasi alam Sinabung bisa bertahan begitu saja terus menerus. Bayangkan sudah begitu lama hidup di pengungsian, puluhan keluarga dalam satu ruang, tak normal, hanya disuguhi makan tanpa kegiatan dan tanpa kepastian.

    MUG

Leave a Reply