Kabanjahe Gulita dan Sumpek

2
220

Mata Air Bermunculan di Karo GugungNGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Sudah 2 malam berturut-turut, Kabanjahe gelap gulita karena semua lampu jalan dan taman tidak dinyalakan. Di beberapa tempat, terlihat pula tumpukan sampah yang menyebarkan bau sangat tidak enak ke sekeliling.

 

 

sampah 1

Bayangkan saja, sampah sisa-sisa usus ayam atau kepala ikan dari pasar ikut dalam tumpukan-tumpukan sampah itu. Ini telah berlangsung sejak Jumat [9/5].

Gawatnya lagi, beberapa tumpukan sampah berjejer di trotoar Jalan Veteran, tepatnya di depan Kantor DPRD Kabupaten Karo. Tidak cukup di trotoar jalan, beberapa tumpukan sampah yang mengeluarkan bau busuk dapat ditemukan di dalam pekarangan kantor perwakilan rakyat ini, dekat pintu masuk Gedung DPRD Kabupaten Karo. Sora Sirulo juga menemukan bukit-bukit sampah di Jl. Sakti, tepatnya dekat Gedung BNI lama. Demikian juga di Pusat Pasar Kabanjahe yang merupakan tempat transaksi jual beli setiap harinya.

Penumpukan sampah ini sengaja dilakukan oleh pegawai honor Dinas Kebersihan dan Pertamanan Pemkab Karo sebagai protes karena telah 4 bulan mereka tidak menerima gaji. Mereka mengarahkan protes terhadap DPRD Kabupaten Karo yang belum mengesahkan APBD Kabupaten Karo Tahun Anggaran 2014. Karena itulah, menurut mereka, Pemkab Karo tidak memiliki uang untuk menggaji tenaga honor.

Ada 20 truk sampah yang ditumpuk di depan Kantor DPRD Kabupaten Karo. Para pegawai honor ini berencana akan menjadikan halaman Kantor DPRD Kabupaten Karo sebagai Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah-sampah Kabanjahe bila DPRD tetap saja tidak mengesahkan APBD TA 2014 Kabupaten Karo.

Kemungkinan besar, tidak menyalanya lampu-lampu penerangan jalan dan taman adalah juga karena pegawai honor yang biasa menyalakannya mogok untuk menyalakannya.

Dalam menanggapi keadaan ini, sebagian warga Kabanjahe menyalahkan Pemkab yang tidak membayarkan gaji para pekerja honor Dinas Kebesihan dan Pertamanan. Sebagian lainnya menyalahkan DPRD Kabupaten Karo yang belum mengesahkan Rancangan APBD TA 2014 yang diusulkan oleh Pemkab Karo.

2 COMMENTS

  1. Tidak ada negeri lain didunia yang pegawai tak dapat gaji karena DPRnya atau DPRDnya tidak atau belum memgesahkan APBD. Terutama situasi yang memalukan ini perlu dihilangkan, terutama sekali di Karo, Karo Karo, jangan jadi binatang kalian semua! Artinya utamakanlah tugas memperbaiki nasib rakyat, Jadikanlah Karo sebagai contoh pertama yang mampu menghilangkan situasi yang memalukan ini.
    MUG

Leave a Reply