Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Bahorok

[box type=”shadow”]

elkana 2ELKANA S. GURUSINGA. BAHOROK. Hari Lingkungan Hidup merupakan peringatan lingkungan hidup terbesar yang puncak acaranya diperingati pada tanggal 5 Juni setiap tahunnya. Kegiatan ini menjadi sarana bagi PBB untuk merangsang kesadaran publik seluruh dunia akan pentingnya kelestarian lingkungan hidup. Di kesempatan kali ini, CPOI (Club Peduli Orangutan Indonesia) Sumut menggerakkan berbagai lembaga di Bukitlawang (Kecamatan Bohorok, Kabupaten Langkat) untuk menyelanggarakan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) tahun 2014 seKecamatan Bohorok  di Bukitlawang.

[/box]

Dibentuklah kepanitiaan bersama yang terdiri dari berbagai lembaga lokal, dan Pemerintahan Desa Bukit Lawang, Camat Kecamatan Bohorok, Mahasiswa Pecinta Alam Uni. Darma Agung (MAPALA-UDA) Medan, GMNI Komisariat Universitas Darma Agung Medan, Siswa/siswi SLTP I Bohorok dan SMA I Bohorok serta berbagai lembaga/instansi yang membantu dana dan bibit tanaman.

Kepanitiaan terdiri dari CPOI –Sumut, Resort Taman Nasional Gunung Leuser, Bukit Lawang Green (BLG), Himpunan Pariwisata Indonesia (HPI) Bukitlawang, Puja Kesuma Bohorok, Yayasan Teman Masyarakat Lintas Indonesia (Temali), KSM Trembesi Bukitlawang, KSM Tombo Sekar Desa Lau Damak, dan KSM Melati Lestari Desa Timbang Jaya.

Kepanitian mendapatkan dukungan dana dari berbagai lembaga, yaitu PTPN – IV melalui Bidang Program Kemitraan Bina Lingkungan, OIC (Orangutan Information Centre), PT. LNK Kebun Bukitlawang, PT. Perkebunan Sei Musam Udjing, serta bibit tanaman dari Kehutanan Sumatera Utara sebanyak 1000 bibit pohon, dan BLG (Bukit Lawang Green) sebanyak 100 bibit bunga Tanjung, UD. Tani Mas Tanjung Morawa sebanyak 200 bibit Aren.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2014 se Kecamatan Bohorok dilaksanakan pada tanggal 07 Juni 2014 bertempat di halaman kantor PT. LNK Kebun Bukit Lawang di Desa Bukit Lawang, dan dihadiri oleh Sekeretaris Camat Kecamatan Bohorok (Sutrisni), serta Kades Bukit Lawang (Suratna).

[box type=”shadow”]

[/box]

Thema Peringatan HLHS tahun 2014 se Kecamatan Bohorok kali ini adalah “BANGKITKAN SIKAP CINTA ALAM DAN MARI MELESTARIKAN LINGKUNGAN HIDUP KITA”. Adapun kegiatan yang dilakukan adalah aksi penanaman 1200 bibit pohon (Mahoni, Bayur, Sentang, Salam, Aren, Melinjo, Alpokat, Bunga Tanjung), dan kegiatan aksi bersih di sekitar lokasi wisata Bukit Lawang. Kegiatan penanaman pohon mendapat respon dari beberapa orang wisatawan mancanegara. Mereka turut serta dalam penanaman pohon.

Selanjutnya, bibit untuk penanaman pohon, diantaranya aren, alpokat, melinjo, dan salam diserahkan kepada kelompok mitra CPOI Sumut untk selanjutnya ditanam di lahan-lahan anggota kelompok dan bibit dapat dirawat dengan baik. Panitia juga menyelenggarakan berbagai perlombaan bagi siswa/siswi sekolah se Kecamatan Bohorok, yaitu: Lomba Mewarnai Gambar tingkatan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-kanak (TK) sebanyak 50 orang, Lomba Melukis dengan bahan pewarna dari alam tingkat siswa-siswi Sekolah Dasar kelas 4 dan 5 sebanyak 50 orang peserta, serta Lomba Menulis Puisi dan Berpuisi tingkat SLTP dan SLTA, sebanyak 50 peserta.

Kegiatan dihibur dengan tarian tradisional Karo, tarian tradisonal Melayu oleh kelompok seni “Sinuria” siswa-siswi SLTP dan Sanawiyah Bohorok, dan lagu-lagu yang bernuansa lingkungan hidup oleh ibu-ibu yang tergabung dalam Kelompok Lestari dari Desa Timbang Jawa.

Menurut ketua panitia, Eka Elkana Sasta Gurusinga (Koordinator Lapangan CPOI Sumut), kegiatan dilaksanakan secara sederhana agar pesan-pesan pelestarian alam dan konservasi alam dapat kena dihayati para peserta dan para undangan serta masyarakat sekitar dan menjadi suatu budaya mencintai alam bagi kehidupan kita. Harapan perlu diaktualisasikan dalam tindakan-tindakan nyata bagi upaya pelestarian alam, dimana harapan terletak pada generasi muda, khususnya adik-adik siswa-siswi Sekolah yang dimulai dari tingkatan PAUD/TK, SD, SLPT, dan SLTA dapat menjadi ujung tombak bagi gerakan pelestarian alam. Salam Lestari!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.