Kolaborasi Tradisi-Modern Karo oleh SKI Memuaskan

1
169
Foto: RINA YUNUSNANGIN
Foto: RINA YUNUSNANGIN

alexander firdaustALEXANDER FIRDAUST. MEDAN. Pagelaran Seni Budaya Karo oleh Sanggar Karo Indonesia (SKI) di Taman Budaya Sumatera Utara (TBSU) [Kamis 12/6/] merajut kolaborasi antara seni tradisi Karo dan modern dengan apik dan mengesankan. Acara berhasil menghantam mesra rasa kekaroan seluruh penonton, khususnya para generasi muda. 

Sejumlah kreasi seni panggung Karo diketengahkan yang antara lain adalah Tari Serangkai, Tari Terang Bulan, Tari Gundala-gundala, Tari Patam-patam kreasi, Tari Rose, Tari Mbuah Page, dan juga Adu Perkolong-kolong. Pada acara ini juga disungguhkan beberapa lagu Karo yang diiringi dengan musik kolaborasi tradisional dan modern. Salah satu lagu Karo yang ditampilkan dalam acara ini adalah “Taneh Karo Simalem” yang tampil sebagai pembuka acara.

Acara ini dihadiri sekitar 400an penonton yang kebanyakan dari kalangan pemuda (mahasiswa dan pelajar) Karo serta beberapa orangtua yang tinggal di seputaran Medan. Diantara ratusan penonton yang hadir, tampak pula puluhan siswa sekolah dari SMK Pencawan Medan yang sengaja diutus pihak sekolah untuk menghadiri acara tersebut.

[one_third]Harus didorong oleh seluruh elemen masyarakat[/one_third]

Penonton umumnya puas dan senang atas suguhan berbagai kreasi seni bercirikan tradisi Karo yang ditampilkan oleh oleh Sanggar Karo Indonesia (SKI) ini. Sebagaimana dikatakan oleh salah seorang penonton, acara ini telah berhasil mengingatkan seluruh generasi muda Karo untuk tetap mencintai budayanya.

“Diharapkan acara seperti ini terus dilaksanakan, dan tentunya harus didorong pula oleh seluruh elemen masyarakat Karo, khususnya para tokoh Karo. Bila perlu bukan hanya diselenggarakan di Taman Budaya ini. Ada baiknya dilaksanakan juga di mall atau plaza agar semakin menarik sekaligus dapat dilihat oleh masyarakat luas,” ujar seorang  seorang dara manis Beru Karo yang dari awal hingga akhir pertunjukan takjub menatap panggung.

Menurut promotor acara Andreas Sebayang dalam kata sambutannya, kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan budaya Karo agar generasi muda senantiasa tergerak menjaga dan melestarikannya.

“Pagelaran Seni Budaya Karo yang diadakan oleh Sanggar Karo Indonesia agar muda mudi Karo senantiasa tergerak menjaga dan melestarikan budayanya,” ujar Andreas yang turut puas atas keberhasilan acara ini.


 

 

1 COMMENT

  1. Semangat kdkd… Kami trus mendukung budaya Karo..
    Kita tunjukkan budaya kita kepada masyarakat Indonesia …

Leave a Reply