Sirulo TV: Pemko Tak Peduli Pendiri Medan

1
227

alexander firdaustpatimpus 13ALEXANDER FIRDAUST. MEDAN. Sekitar 500 massa Pemuda Karo Medan (PKM) yang terdiri dari berbagai komunitas Karo, diantaranya IMKA (Ikatakan Mahasiswa Karo) se Kota Medan, Sanggar Karo Indonesia (SKI) dan Etnomusikologi USU, serta para Akvitis Budaya Karo menggelar Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Medan yang ke-424 di lokasi Monumen Guru Patimpus Sembiring Pelawi Jl. S. Parman, Medan [Selasa 1/7].

Untuk mengisi acara ini, PKM menggelar sejumlah kegiatan seni dan budaya khas Suku Karo, diantaranya Tari Gundala-Gundala, Tari Kehamaten, dan Penampilan Musik Tradisi Karo. Selain itu, juga diadakan pawai dan penyalaan lilin sebanyak 424 di seputaran Monumen Guru Patimpus.

patimpus 11Dipilihnya lokasi penyelenggaraan acara seni budaya Karo dalam rangka HUT Kota Medan di seputaran Monumen Guru Patimpus adalah sebagai bagian dari penghormatan warga suku Karo terhadap Guru Patimpus yang dikenal sebagai pendiri kota terbesar ke tiga di Indonesia ini.

Terkait penyelenggaran HUT Kota Medan yang setiap tahunnya diperingati oleh Pemerintah Kota Medan (Pemko Medan) di Lapangan Merdeka, Pemuda Karo Indonesia juga menyayangkan ketika tak tampak perhatian dari pemerintah secara langsung terhadap keberadaan Monumen Guru Patimpus.

[one_third]Pemko Medan Tak Peduli Pa Timpus[/one_third]

Seperti diketahui, tepat pada perayaan HUT Kota Medan yang diselenggarakan pihak pemerintah Kota Medan di Lapangan Merdeka, namun di sisi lain keberadaan Monumen Guru Patimpus terlihat sangat memprihatinkan dan tampak tak terurus dengan banyaknya bergelantungan spanduk kampanye Pilpres.

Pemuda Karo Medan menilai, pada perayaan HUT Kota Medan ini, seharusnya Monumen Guru Patimpus yang harus menjadi pusat perhatian dan dibenahi sesuai terkait suasana hari ulang tahun. Ini sangat lumrah dan wajar mengingat sosok Guru Patimpus adalah pendiri Kota yang sedang berhari ulang tahun.

patimpus 14“Kami Pemuda Karo Medan berharap agar ke depannya Pemko Medan memfokuskan acara HUT Kota Medan di Monumen Guru Patimpus. Tanpa Guru Patimpus HUT Kota Medan tidak ada artinya,” ujar Denh Sembiring Maha sebagai koordinator acara didampingi Desnalri Sinulingga dan Astron Tarigan sebagai pelatih tari dari Sanggar Karo Indonesia.

Foto-foto oleh: Kadri Boy Tarigan

1 COMMENT

Leave a Reply