Pilpres di Den Haag Membludak

1
139

pemilu 5. SRIA VAN MUNSTER/ J.R. GINTING. DEN HAAG. Mengejutkan! Diperkirakan pemilih yang datang ke TPS KBRI Den Haag hari ini [Sabtu 5/7] sekitar 3 kali lipat dari jumlah pemilih untuk Pilpres 5 tahun lalu.

„Jumlah pemilih untuk Pilpres 5 tahun lalu sekitar 1300, kali ini diperhitungkan 2 kali lipat lah. Jadi, sekitar 2.600 kali ini ,“ kata Noorman Setiono, salah seorang pegawai Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) kepada Sora Sirulo saat memeriksa antrian panjang pemilih.

Beberapa pemilih yang di Pilpres lalu juga ikut memilih malahan memperhitungkan 3 kali lipat jumlah pemilih Pilpres lalu.

„Pamanku sudah tua, tuh. Tak pernah tau politik. Sekarang sudah ngomong tentang Jokowi terus dan mau ikut memilih pula,“  kata Agus asal Jakarta ketika ditanya mengenai peningkatan jumlah pemilih kali ini.

Pengamatan Sora Sirulo di lapangan, terlihat antrian sangat panjang sejak Pkl. 10.00 waktu Belanda di Jl. Tobias Asserlaan hingga melintasi beberapa kantor kedubes negara-negara lain seperti Inggris, Swis dan Amerika. Antrian tetap utuh alias tidak bubar meski beberapa jam berikutnya Kota Den Haag diguyur hujan lumayan deras.


[one_third]Fenomena Jokowi[/one_third]

Sekitar 35 pemilih yang diwawancarai oleh Sora Sirulo mengaku baru kali ini ikut memilih baik untuk legislatif maupun Pemilihan Presiden RI. Semuanya mengatakan datang memilih karena mau memenangkan Jokowi menjadi Presiden RI.

„Senanglah melihat begitu banyaknya animo warga Indonesia untuk ikut memilih,“ kata Duta Besar RI, Retno L. P. Marsudi, ketika Sora Sirulo menanyakan kesannya atas membludaknya jumlah pemilih untuk Pilpres kali ini.

Bu Retno hanya menjawab dengan senyuman ketika ditanyakan mengapa animo memilih kali ini meningkat drastis. Beda dengan serombongan warga asal Solo mengaku datang memilih hanya untuk memenangkan Jokowi.

„Saya berasal dari sekolah yang sama dengan Mas Jokowi di Solo, SMP Negeri 1 Solo. Tentu saja saya memilih Mas Jokowi. Ini kami serombongan asal Solo, semuanya baru kali ini ikut Pilpress, hanya karena Jokowi,“ katanya sambil mengajak teman-temannya mengacungkan dua jari.

Banyak orang memperkirakan Jokowi akan menang mutlak di Den Haag.

1 COMMENT

Leave a Reply