Semarak Menyambut HUT RI 69 di Laubaleng

1
298

laubaleng 4BRANDY KARO SEKALI. LAUBALENG. Antusiasme warga Karo dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-69 bukan hanya terjadi di Berastagi dan Kabanjahe (Baca: Warga Karo Antusias Sambut HUT RI 69), namun juga terlihat di Kecamatan Laubaleng (Kabupaten Karo) dan sekitarnya.


Persiapan penyambutan HUT Kemerdekaan RI di daerah ini yang setiap tahunnya berlangsung semarak juga terlihat akan dilaksanakan tahun ini. Antusias dari penduduk Kecamatan Laubaleng beserta perangkat kecamatan sangat luar biasa terasa. Menyaksikan antusiasme warga menyambut HUT Kemerdekaan RI di Laubaleng mengharukan. Mereka sangat bersemangat memasang Bendera Kebangsaan Merah Putih secara serentak di rumah-rumah mereka.

“Antusiasme masyarakat Karo di Kecamatan Laubaleng dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan ke-69 sangat luar biasa dan mengharukan,” kata aktivis Pemuda Karo Medan (PKM), Denh Sembiring Maha, kepada Sora Sirulo [Sabtu 17/08].

Denh Sembiring Maha tidak menampik bahwa antusiasme warga Laubaleng dan sekitarnya menyambut HUT RI terkait dengan sifat masyarakat Karo yang terkenal sebagai masyarakat nasionalis sejati di Indonesia.

laubaleng 5
Denh Sembiring Maha

“Hal ini sebenarnya lumrah dilakukan oleh masyarakat di Kabupaten Karo, khususnya di Kecamatan Laubaleng, sebab masyarakat Karo sendiri selama ini terkenal sebagai masyarakat nasionalis,” ujarnya.

Selain itu, dalam rangka mempersiapkan pelasanaan HUT Kemerdekaan RI, Kapolsek Lau Baleng, AKP JM Tarigan selaku ketua pelaksana HUT Kemerdekaan RI di daerah ini juga turut berperan dalam menghadirkan 6000an peserta pawai yang terdiri dari para pelajar sekecamatan Laubaleng, Organisasi Kepemudaan, Perangkat Desa, Masyrakat, dan juga Para Pejuang Veteran.

Dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan ke-69 ini, telah dilaksanakan aksi gotong royong massal yang dilakukan oleh para pelajar sekecamatan Laubaleng dan telah dilaksanakan semalam [Jumat 16/8]. Pada puncak acara 17 Agustus direncakanan berbagai kegiatan, diantaranya Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI, pertandingan sepakbola persahabatan dengan Kabupaten Aceh Tenggara, lomba seni suara dan tarian serta berbagai pertandingan olahraga lainnya.

Khusus hari ini [Sabtu 16/8], selain mempersiapkan peserta upacara esok hari, juga telah dilaksanakan pula kegiatan gerak jalan santai yang diikuti oleh seluruh pelajar sekecamatan Laubaleng.

1 COMMENT

  1. Sejarah Laubaleng adalah salah satu dari keistimewaan sejarah kemerdekaan RI. Agresi pertama 1947 dengan meluasnya serangan Belanda/sekutu sampai ke Tigabinanga ketika itu, ibu kota Karo dipindahkan ke Laubaleng dengan bupati Rakutta Sembiring Berahmana. Disana juga kemudian berpusat kekuatan perlawanan pejuang-pejuang Karo termasuk yang bergabung dalam pimpinan Djamin Ginting.

    Laubaleng terkenal dengan perlawanan dan perjuangannya dalam memperjuangkan kemerdekaan RI. Kita menyambut dengan gembira perayaan UT RI ke 69 yang dibuat secara sangat antusias oleh penduduk daerh pejuang ini.

    Semua organisasi Karo terutama organisasi-organisasi Pemudanya harus siap semua memperkenalkan dan meluaskan pengetahuan penting tentang sejarah perjuangan daerah dalam mempertahankan kemerdekaan RI. Apapun yang terjadi dimasa lalu kalau didiamkan saja, pasti akan hilang dan dilupakan. Padahal banyak keistimewaan disini jadi pelajaran patriotisme nasional nation Indonesia. Selama ini sudah hampir terlupakan disamping banyak yang belum juga tergali ke permukaan. Ini berguna bagi bangsa ini, bukan hanya bagi orang Karo. Bergeraklah dan ubahlah.
    Ubahlah tiap organisasi atau tiap kali bikin organisasi menjadi kegiatan.

    “Jika diam saja tak akan ada perubahan”

    MUG

Leave a Reply