Lomba Lagu Karo di Perawang

0
196

berty 2BRANDY KARO SEKALI. PERAWANG. Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke-69 oleh masyarakat Karo di Perawang, Ibukota Kecamatan Tualang (Kabupaten Siak, Riau), telah terlaksana dengan sukses (Baca: HUT RI 69 di Perawang Disemarakkan oleh Karo).

Salah satu bagian yang paling berkesan dalam serangkaian acara yang dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT RI ke-69 ini adalah perlombaan bernyanyi lagu Karo ‘sidekah’ yang diikuti oleh sepuluh peserta anak-anak yang terdiri dari usia pelajar SD dan SMP.

Menurut koordinator acara Berty Riana br Sembiring Milala, acara lomba bernyanyi lagu Karo ini sengaja dibuat dalam rangka HUT RI dengan tujuan untuk mengenang para pejuang-pejuang Karo dalam merebut Kemerdekaan serta sekaligus melestarikan lagu-lagu Karo dikalangan generasi muda, khususnya lagu-lagu ciptaan Djaga Depari yang melegenda.

“Lomba bernyanyi lagu Karo yang diikuti oleh peserta anak-anak Karo di Perawang ini mengajak generasi muda Karo untuk melestarikan lagu-lagu Karo ciptaan Djaga Depari yang telah melegenda itu,” ujarnya kepada Sora Sirulo [Selasa 19/8].

Berty berharap, acara lomba bernyanyi Karo untuk anak-anak ini dapat menjadi ajang pelestarian budaya Karo bagi generasi muda.

“Harapan saya kedepannya, acara seperti ini yang dilaksanakan berkesinambungan dapat dijadikan sebagai ajang pelestarian budaya Karo, khususnya kepada generasi muda dan tentu dengan semangat pejuang kita terdahulu,” tandasnya.

Dalam lomba bernyanyi lagu Karo yang dilaksanakan kemarin [Minggu 17/8] telah dipilih tiga orang sebagai juara, diantaranya Fitri br Tarigan dengan membawakan lagu berjudul Taneh Karo Simalem (Juara 1), Febri Valentina br Barus dengan membawakan lagu Piso Surit (Juara 2), dan Aprin br Sitepu dengan membawakan lagu Taneh Karo Simalem (Juara 3).

Leave a Reply