Kerja Tahun Desa Jandi

1
290

jandi 2BRANDY KARO SEKALI. KABANJAHE. Pesta Tahunan (kerja tahun) yang telah menjadi tradisi dan membudaya di kalangan masyarakat Karo, juga turut dirayakan di desa Jandi (Kecamatan Juhar). Uniknya, pelaksanaan pesta tahunan di desa ini dirayakan berbarengan dengan peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, yaitu pada tanggal 17 Agustus setiap tahunnya.


Perayaan pesta tahunan 2004 Desa Jandi telah dilaksanakan [Minggu 17/8, turut dimeriahkan oleh Gendang Guro-guro Aron (musik tradisional namun hanya dimainkan melalui keyboard). Saat itu, muda-mudi yang sudah dihias dengan pakaian adat mempersembahkan tari tradisional.

Pesta tahunan ini dipusatkan di losd Desa Jandi dan dihadiri oleh ratusan warga, baik yang tinggal di Desa Jandi maupun di perantauan yang sengaja pulang kampung untuk melepas rindu.

Seperti penuturan Pino Ginting, seorang warga Desa Jandi yang kini menetap di Medan, meski pelaksanaan perayaan pesta tahunan kali ini diadakan secara sederhana, namun karena adanya semangat kebersamaan antar warga masyarakat menjadikan acara dapat berlangsung sangat meriah.

“Walaupun pelaksaanaannya sederhana, tapi semangat kebersamaannya membuat acaranya berlangsung sangat meriah,” ujar Pino Ginting kepada Sora Sirulo [Rabu 20/8].

Pino Ginting berharap agar jalinan kebersamaan masyarakat Desa Jandi dalam rangka merayakan pesta tahunan ke depannya dapat terus terjaga.

“Dengan kebersamaan masyarakat yang terus terjaga, meski perayaan dilakukan secara sederhana, terdapat makna kekeluargaan, sekaligus kemeriahan dalam pesta tahunan ini,” ujarnya.

1 COMMENT

  1. Kecamatan Juhar, mengadakan pesta tahunan/kerja tahun memang pada tgl 17 Agustus/hari ulang tahun kemerdekaan. Desa Jandi kurang lebih 10 Km dari Tigabinanga melalaui desa Simpang Pergendangen, Jaberneh dan Kidupen. Salah seorang putra kelahiran Jandi M. Nadjib Karo karo bisa menjadi anggota DPRD DKI Jakarta/ Ketua Cabang Partai PPP Jakarta Timur.

Leave a Reply