Arief Budimanta Sebayang Akan Menjadi Menteri Keuangan?

2
424

Oleh: Alexander Firdaust (Medan)

 

alexander firdaustarief budimanta 1Arief Budimanta, pria kelahiran Medan (15 Maret 1968) merupakan seorang anggota DPR-RI priode 2009-2014 dari Fraksi PDI Perjuangan. Ia sekaligus menjadi Wakil Ketua Fraksi PDI Perjuangan MPR-RI. Pria bermerga Sebayang dari Suku Karo ini juga dikenal sebagai Direktur Ekslusif “The Megawati Institute”. Akhir-akhir ini, nama pria berkacamata yang juga menjabat sebagai Dewan Penasehat PP Ikatan Anggar Seluruh Indonesia dan Dewan Pakar Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) ini kerap tersebut layak menjadi Menteri di Kabinet Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Bahkan, jauh sebelum Pemilihan Presiden berlangsung, nama Arief Budimanta sudah sering menjadi pemberitaan di media massa. Dia disebut sebagai salah satu kandidat menteri di Kabinet Bayangan PDI-P.

Bulan Februari 2014 lalu, Sekjen PDI-P Tjahjo Kumolo pernah mengungkapkan bahwa partainya telah menyiapkan agenda pemerintahan ke depan sekaligus mempersiapkan arsitektur kabinet pemerintahan apabila PDI Perjuangan dipercaya oleh rakyat untuk memimpin bangsa dan negara RI dalam Pemilu 2014. Meski demikian, saat itu, Tjahjo Kumolo belum mau mengungkapkan secara terang-terangan nama-nama calon menteri kabinet yang telah dipersiapkan.

Menariknya, ketika wartawan meminta tanggapan politisi Senior PDI-P Hendrawan Supratikno terkait nama-nama menteri tersebut, dia menyebutkan sejumlah kader PDIP yang memiliki kompetensi layak jadi menteri dalam kabinet pemerintahan PDIP nanti. Salah satu nama yang turut disebutkan adalah nama Arief Budimanta yang direkomendasikan sebagai Menteri Keuangan.

Menelisik jauh ke belakang, tepatnya bulan Februari 2011 lalu, Alm. Taufiq Kiemas yang saat itu sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan pernah menyebut sejumlah kader partainya yang layak menjadi menteri. Siapa saja?

“Arief Budimanta bagus, Imam Sugema bagus. Sri Adiningsih juga, dia kan murid Pak Boediono,” kata Taufiq Kiemas ketika itu seperti yang dikutip Sora Sirulo dari porta viva.co.id.


[one_third]Dicalonkan sebagai menteri[/one_third]

Begitu pula baru-baru ini, nama Arif Budimanta disebut dalam Seminar Indonesia Eximbank bertajuk Kebijakan Sektor Perekonomian dalam Mendukung Peningkatan Ekspor Nasional di gedung Bursa Efek Indonesia. Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu dicalonkan sebagai Menteri Koordinator Perekonomian atau Menteri Keuangan. Lalu, ada Wakil Menteri Keuangan Anny Ratnawati yang disebut bakal jadi orang nomor satu di Kementerian Keuangan.

Dari polling Kawal Kabinet 2014 di situs kawalkabinet.com, nama Arief Budimanta sebagai calon Menteri Keuangan mengumpulkan suara masyarakat sebanyak 33%, mengalahkan dua kandidat lainnya, yaitu Hendri Saparini dengan jumlah dukungan 29%, dan Agus Martowardoyo sebanyak 24%, ditambah 14% dukungan untuk nama-nama usulan lainnya dari masyarakat.

2 COMMENTS

  1. Kita mengharapkan menteri-menteri dipilih dari segi profesi yang bisa diandalkan untuk kemajuan bangsa ini. Pak Sebayang ini sudah bagus track rekordnya. Dia pasti bisa menuNjukkan kemampuan dan ketegasannya memilih arah yang menentukan banyak bagi perubahan finans/ekonomi negeri ini. Majulah demi perbaikan nasib rakyat banyak.

    MUG

Leave a Reply