FOTO KENANGAN: Buah Raya (Dataran Tinggi Karo) 1980

0
512

JUARA R. GINTING. LEIDEN. Foto ini adalah kiriman Maslina Perangin-angin yang mana dirinya adalah salah seorang diantara anak-anak di dalam foto tahun 1980 ini.

 

 

 

Buah Raya 1
Klik foto untuk ukuran besar

Foto dijepret di halaman depan bekas Sekolah Swadaya Masyarakat sebelum dibangunnya SD Inpres di Desa Buah Raya (Kecamatan Kutabuluh, Kabupaten Karo). Setelah dibangunnya SD Inpres di desa itu, gedung sekolah lama digunakan sebagai tempat kebaktian Gereja Katolik yang saat itu belum memiliki gedung gereja sendiri.

Selain sebagai sebuah foto kenangan yang cukup menarik, redaksi Sora Sirulo melihat sebuah nilai lebih dari foto ini. Latar belakangnya adalah beberapa rumah adat yang sekarang ini tidak lagi satu pun tertinggal di Buah Raya. Buah Raya adalah salah satu diantara 3 desa Karo yang pernah memiliki rumah-rumah adat tapi tak satupun diantaranya yang diijinkan memiliki tanduk (patung kepala kerbau) di puncak atapnya sebagaimana biasanya rumah adat Karo.

Maslina 4
Maslina Perangin-angin (Jakarta)

Dua desa Karo lainnya yang memiliki persamaan dengan Buah Raya adalah Bukum (Kabupaten Deliserdang) dan Sukanalu Teran (Kabupaten Karo). Menurut warga Bukum dan Sukanalu Teran, kampung mereka pernah terbakar dan kemudian rumah-rumah adat dibangun kembali. Sebagaimana yang dituturkan oleh Maslina Perangin-angin kepada Sora Sirulo, perkampungan Buah Raya pernah musnah terbakar dan kemudian dibangun kembali tapi melarang rumah-rumah yang baru dibangun memasang patung kepala kerbau di puncak atap sebagaimana biasanya rumah adat Karo.

Leave a Reply