Salam Mejuah-juah Menuju Rekor MURI

1
278

salam mejuah-juah 5.BRANDY KARO SEKALI. BERASTAGI. Sebuah gagasan yang mengemuka di forum diskusi online, tepatnya di grup Facebook Jamburta Merga Silima (JMS), ternyata telah memunculkan sebuah gerakan yang dinamai dengan “Salam Mejuah-juah Menuju Rekor MURI”.

Tujuan gerakan ini mencoba mengumpulkan 10.000 kata Mejuah-juah di status Facebook dalam waktu 1 minggu. Gerakan yang digagas oleh Elias Prananta Purba ini dimulai sejak 17 September 2014 malam, dan akan berakhir pada 24 September 2014 mendatang. Apabila 10.000 kata Mejuah-juah dapat terkumpul dalam kurun waktu yang sudah ditentukan, maka akan didaftarkan untuk dicatat di Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Melalui Facebooknya, Elias Prananta menulis pesan yang berisi ajakan kepada seluruh masyarakat untuk membuat komentar Mejuah-juah di status yang dia tulis tersebut.

“Sahabat sekalian, mohon komentari status ini cukup dengan kata ‘Mejuah-juah’. Kami membutuhkan 10.000 komentar dengan kata ‘Mejuah-juah’ dalam waktu seminggu untuk memecahkan Rekor MURI. Terhitung dari hari ini tanggal 17 September 2014 s/d 24 September 2014,” tulisnya.

salam mejuah-juah 6.Sejak ditulisnya 20 jam lalu, status Facebook Elias Prananta sudah dikomentari lebih dari 1.000 pengguna Facebook yang mayoritas adalah Suku Karo. Dari kesemua pengguna Facebook yang membuat komentar, mayoritas hanya mengomentari dengan singkat, yaitu Mejuah-juah.

Ketika ditanya apa sebenarnya tujuan dari gerakan salam Mejuah-juah tersebut, Elias Prananta melalui pesan elektronik mengatakan, tujuan utama sebenarnya bukanlah sekedar mendapatkan rekor. Tapi hal yang paling utama menurutnya adalah bagaimana cara untuk menjadikan kata Mejuah-juah semakin lebih populer di tengah-tengah masyarakat. Selain itu, menurutnya, gerakan ini juga sekaligus dapat merangsang generasi muda untuk tetap melakukan kegiatan positif.


[one_third]Menjadikan Mejuah-juah Mendunia[/one_third]

“Tujuan utama kita adalah menjadikan kata Mejuah-juah agar semakin populer di tengah-tengah masyarakat dan, kalau bisa, mendunia. Selain itu kegiatan ini juga sekaligus ingin merangsang generasi muda agar terus berupaya melakukan kegiatan yang bersifat positif. Selebihnya kegiatan ini juga dapat memupuk semangat Kekaroan yang akhir-akhir ini semakin mengemuka,” ujarnya.

Selain Elias Prananta, beberapa generasi muda Karo yang aktif di situs sosial media juga tampak sangat antusias mengikuti gerakan Salam Mejuah-juah Menuju Rekor Muri. Hampir seluruh grup Karo di Facebook memperbicangkan tentang keberadaan kegiataan ini yang dianggap sangat positif, dan tergolong menjadi gerakan baru di ranah sosial media, mengingat gerakan serupa, khususnya dari Sumatera Utara memang baru kali inilah pernah dilakukan.

Hingga berita ini dinaikkan gerakan Salam Mejuah-juah Menuju Rekor Muri masih tetap berlangsung. Bagi pembaca yang ingin ikut berpartisipasi dapat langsung mengikutinya melalui laman berikut ini (https://t.co/h5t9EcnY0N). Adapun untuk setiap akun Facebook hanya diperkenankan untuk membuat komentar tidak lebih dari sekali.

1 COMMENT

Leave a Reply