Grup Musik Brass Juma Memberi Kesegaran di GBKP Galaxy Bekasi

0
236

terompet 2LORETA KARO SEKALI. BEKASI. Pelayanan Musik Rohani yang ditampilkan kelompok musik BRASS JUMA Yogyakarta di GBKP Galxy (Bekasi) [Minggu 12/10:] sungguh menyegarkan jiwa. Dalam dua kali Ibadah Minggu (07.30 dan 11.00 Wib], Brass Juma mengiringi ibadah dan persembahan pujian lagu-lagu rohani.

BRASS JUMA adalah suatu group musik yang beranggotakan Alumni & Mahasiswa ISI Yogyakarta, Kelompok musik ini terbentuk pada tanggal 25 Oktober 2013 di Sewon (Yogyakarta) oleh beberapa generasi muda yang sebagian besar adalah alumni dan mahasiswa ISI Yogyakarta yang berasal dari Taneh Karo, Medan dan Kalimantan. Adapun format dari Group Brass Juma terdiri dari berbagai instrumen tiup logam, tiup kayu, dan instrumen combo band; Trumpet, Saxophone (alto & tenor), Trombone, Piano, Guitar, Bass, dan Drumset & Vocal. Brass Juma terbentuk pada


[one_third]Terpanggil Melayani[/one_third]

“Menyadari pentingnya peranan musik di dalam mengiringi ibadah, Brass Juma sadar diri dan terpanggil melayani Tuhan melalui musik di berbagai Gereja dengan memaksimalkan talenta yang telah diberikan Tuhan kepada kita. Kami juga sadar betapa pentingnya peranan musik di dalam ibadah, antara lain, musik yang indah dapat membuat kita merasakan kehadiran Allah, alat memuji Tuhan, membangkitkan semangat. Dengan musik, sejenak masalah akan terasa terlupakan. Dalam Kitab Mazmur 66:17 tertulis: Kepadanya aku telah berseru dengan mulutku kini dengan lidahku aku menyanyikan pujian,“ tutur Dk. Ezra Deardo Purba SSn kepada Sora Sirulo [Minggu 12/10].

Ezra menambahkan, maksud dan tujuan diadakannya pelayanan musik rohani ini adalah sebagai berikut :
1. Menciptakan suasana yang hikmat didalam ibadah.
2. Merangsang minat jemaat untuk senang menyanyikan lagu-lagu Rohani
3. Memperkenalkan kembali musik Brass/ Tiup logam yang dulunya merupakan pengiring ibadah, yang sudah sangat jarang berada di Gereja
4. Merangsang minat para pemuda untuk terus berkarya dalam melayani Tuhan.

“Begitu juga dalam persiapan-persiapan kami mulai dari tanggal 20 September 2014. Latihan berpusat di daerah kampus ISI (Institut Seni Indonesia) Yogyakarta, kost Dodi Purba. Setiap hari Selasa, Rabu, Kamis sore latihan bersama, sepulang kuliah, langsung menuju lokasi latihan,” kata Ezra lagi.

terompet 4
Cakap-cakap bersama Ramona Purba

Perjalanan pelayanan ke Bekasi dari Yogyakarta ini dilakukan dengan menggunakan transportasi mobil rentalan ¾ yang muatannya untuk 10 orang, berangkat Sabtu 11 Oktober 2014 pukul 01.00 WIB Subuh dari Yogyakarta menuju Bekasi. Sorenya tiba di GBKP Galaxy Bekasi, langsung disambut dengan sukacita, istirahat, dan langsung check sound. Baru setelah itu dimulai dengan latihan bersama songleader yaitu anggota Permata GBKP Galaxy Bekasi untuk persiapan lagu-lagu ibadah pagi Pkl 07.00 dan 10.00 Wib.

Adapun lagu-lagu persembahan pujian yang sudah dipersiapkan dari Yogyakarta adalah:

1. Allah Sumber Kuatku ( Dinyanyikan dalam ibadah)
2. Engkau Yang Terindah di Dalam Hidupku (Dinyanyikan sesudah ibadah selesai)
3. KEE 201 : Malem ate Tuhu-Tuhu medley Tuhan Yesus Baik
4. Mejuah-juah
5. Mbiring Manggis

Usai ibadah GBKP Bekasi Galxy, Brass Juma menjumpai Ramona Purba di kedai kopi untuk mengobrol.

“Itu lah yang membuat kami lebih semangat lagi mengapresiasikan peran musik rohani di dalam ibadah gereja-gereja GBKP. Kami berharap agar dapat diberi kesempatan pelayanan musik rohani di gereja-gereja GBKP yang ada di Indonesia,” kata Ezra.

Sebelumnya, Brass Juma sudah mengadakan Tour Pelayanan Acara Natal di Gereja-gereja GBKP Binjai Simpang Awas, Medan, Menghibur Pengungsi Gunung Sinabung di posko PPWG, GBKP Semarang, GBKP Yogyakarta, GBKP Batam Center, GBKP Batam Batu Aji, GBKP Bandung,GBKP Ketaren, dll.

Adapun para personi Brass Juma adalah: Dk. Ezra Deardo Purba, S.Sn (trumpet), Jery Setiawan Barus (saxsphone, trumpet), Oki Sembiring Milala (trombone), Samuel Simbolon (sax tenor), Ivo Christyansent Perangin-angin S.Si Theol (vocal), Ramanda HP, S.Sn (keyboard, piano), Dodi Purba, S.Sn (guitar), Josua T. Pardede (bass), dan Lopiga El Roy Sitepu (drum).

Leave a Reply