Pemuda Karo Medan Serahkan Bantuan Korban Sinabung

1
168

batukarang 4alexander firdaustALEXANDER FIRDAUST. PAYUNG. Pemuda Karo Medan (PKM) menyerahkan bantuan berupa masker dan obat tetes mata kepada korban erupsi Gunung Sinabung yang berada di Desa Batukarang (Kecamatan Payung) [Sabtu 25/10].

Bantuan tersebut dikumpulkan oleh komunitas PKM saat mengadakan acara nonton bareng film ‘3 Nafas Likas’ yang diadakan di Medan Plaza beberapa waktu lalu. Bantuan diserahterimakan oleh Kordinator Sosial PKM Rahmat Krina Tarigan didamping Kordinator PKM lainnya kepada Kepala Desa Batukarang Roin Andreas Bangun.

Ketika ditanyakan mengapa Komunitas PKM memberikan bantuan ke Desa Batukarang meski desa ini berada di luar zona berbahaya Sinabung. Koordinator PKM Rahmat Krina Tarigan menjelaskan, meski berada di luar zona berbahaya, Batukarang merupakan salah satu desa terdampak erupsi Sinabung. Keberadaan desa yang berada di luar zona berbahaya juga sekaligus membuat masyarakat di desa ini sangat minim mendapatkan perhatian dari Pemda Karo.

“Meski berada di luar zona berbahaya, arah angin kerap membawa debu vulkanik ke arah Batukarang, membuat desa ini selalu tertutup debu vulkanik. Selain merusak lahan pertanian warga, debu vulkanik sangat menggangu aktivitas sehari-hari warga. Masker dan obat tetes mata sangat mereka butuhkan,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Desa Batukarang Roin Andreas Bangun mengatakan, bantuan yang diberikan sangat berguna kepada masyarakat sebab, selama ini, perhatian dari pemerintah sangat minim terhadap warga Batukarang.

“Bantuan yang diberikan ini sangat berguna kepada warga Batukarang. Perlu diketahui, selama ini, perhatian pemerintah terhadap warga di desa ini sangat minim karena jarak desa kita ke Sinabung berkisar 7-8 km, sehingga Batukarang dinyatakan sebagai desa di luar zona berbahaya,” ujarnya.

Roin Andreas Bangun juga menjelaskan, saat ini, telah terbentuk relawan Batukarang Ermediate. Relawan ini terbentuk dan dilandasi atas kurangnya informasi dan bantuan pemerintah daerah kepada warga sekitar Batukarang. Relawan yang telah mendapatkan bantuan dari Jepang ini telah mendirikan Radio Ermediate 107 FM yang senantiasa memberikan informasi siaga bencana Sinabung yang dapat didengar secara berkala oleh masyarakat sekitar.

“Sistem penginformasian siaga bencana dapat didengar secara berkala oleh masyarakat melalui informasi Radio Ermediate 107 FM yang didirikan oleh relawan Batukarang Ermediata. Pemancar radio ini didapatkan dari sumbangan bantuan Jepang” ujarnya.

Seperti diketahui, Komunitas PKM ketika mengantarkan bantuan ke Desa Batukarang juga telah mendapatkan bantuan berupa pemakaian satu unit mobil dari Heben Geser Ginting seorang tokoh masyarakat Karo yang berdomisili di Jakarta dan saat ini berada di Taneh Karo dalam rangka turut ikut menangani masalah pengungsian.


1 COMMENT

  1. Ide dan kegiatan dalam praktek di lapangan langsung.
    Alasan yang masuk akal mengapa bantuan itu ke Batukarang, kurangnya perhatian dari pihak pemda karena letak Batukarang diluar zona bahaya. Tetapi debu vulkanik yang selalu dibawa angin kesana, cukup besar bahayanya atas paru-paru dan mata. Karena itu aliran bantuan sudah tepat sasaran. Tidaklah berarti bahwa PKM menganak tirikan yang lain, tetapi bantuan PKM sangatlah terbatas, seberapa mampunya dari usaha sendiri mengumpulkan dana sehubungan dengan kegiatan Nobar Likas.

    MUG

Leave a Reply