Blusukan 001 Presiden RI ke Karo

1
154

bunuraya 5 jokowi 6BERNARD PANGARIBUAN. KABANJAHE. “Blusukan 001 Presiden Republik Indonesia Joko Widodo adalah ke Karo,” demikian ditulis oleh Ainun Najib di akun facebooknya. Hal ini terkait dengan dengan blusukan perdana Presiden RI ke 7 ke Dataran Tinggi Karo (Karo Gugung) Sumatera Utara dalam rangka melihat langsung keadaan warga yang terkena musibah erupsi Gunung Sinabung [Rabu 29/10].

Blusukan RI 001 ini disambut hangat masyarakat Karo beserta para petinggi di Kabupaten Karo yang diwakili Bupati Karo Terkelin Brahmana beserta Ketua PKK Karo Sariaty br Sitompul Brahmana, Dandim 0205 Tanah Karo Letkol Asep Sukarna, Kapolres Tanah Karo AKBP Viktor Togi Tambunan, Dan Yonif 125 Simbisa Kabanjahe Mayor Tunjung S, DPRD Karo, Ketua Kompak Pers Karo, B Kurnia Pargaulan P, Pengurus PWRI Karo, unsur Pengurus Gereja Bala Keselamatan Kabanjahe, rombongan dari USA, Yayasan sosial dan LH Sumber Terang Kasih Kabanjahe, Arta Graha Peduli, Pimpinan Bank Mandiri, BRI, Bank Sumut dan jajaran SKPD Pemkab Karo di Jambur Pemkab Karo kompleks Rumah Dinas Bupati Karo Jalan Veteran 30 Kabanjahe.

Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana beserta Menteri Sosial Kofifah Parawansah, Pangdam I/BB Mayjen Pardamean Simanjuntak, Kapoldasu, Anggota DPD RI, Parlindungan Purba, Danrem 023 Kawal Samudera Sibolga, serta petugas Paspampres tiba di Pendopo pukul 12.30 WIB. Sebgelumnya, dinformasikan Presiden akan tiba pukul 11.00 WIB. Setibanya di sana, dia langsung istirahat dan bincang-bincang di rumah dinas bupati. Veberapa saat kemudian, Presiden beserta rombongan menuju Posko Pengungsian Gedung Serbaguna KNPI Jl Pahlawan Kabanjahe di terima M Rapi Ginting dan Bali Ukur Ginting selaku Kordinator Posko.

Jokowi dalam sambutannya menyatakan sikap agar penanggulangan bencana Gunung Sinabung diperhatikan seluruh jajaran stake holder tingkat Pemkab Karo, Pemprovsu dan Pemerintah Pusat hingga rasa aman dan nyaman tetap dirasakan warga walaupun mengalami bencana. Termasuk mengenai relokasi tempat dan pembenahan sarana dan prasarana infrstruktur umum, kebutuhan pangan, sandang dan perubahan yang layak huni, menjadi tanggungjawab pemerintah dilakukan secara responsibility dan terukur.

Pantauan wartawan Sora Sirulo, para warga masyarakat Karo sangat antusias mengelu-elukan Jokowi dan rombongan yang berada di sepanjang jalan lintasan rombongan di Kota Kabanjahe ditambah dengan dukungan para siswa SD dari SD Negeri 040446, 040448 dan 040452 yang persis berada di sekitar jambur. Para siswa berbaur bersama elemen masyarakat yang sangat haru atas kunjungan Jokowi ke Bumi Turang, Tanah Karo Simalem.

Seperti yang dituturkan Effendy Sinukaban yang sangat salut dan bangga dengan kunjungan ini, suatu kunjungan moril yang sangat kuat memberi semangat kepada warga masyarakat khususnya yang terdampak erupsi. Hal ini sesuai dengan Presiden saat kunjungan beliau sebelum menjadi Presiden RI pada masa lalu. Hal ini juga merupakan target menganalisa atas kebutuhan mendesak para warga pengungsi serta kebutuhannya dalam memberikan solusi secepatnya.

” Demikin juga halnya terkait dengan lahan relokasi yang ditetapkan di hutan produksi Siosar (Kecamatan Merek) untuk tiga desa pada zona merah agar dipercepat proses administrasinya agar para pengungsi tidak terkatung-katung seperti yang relah mereka almi selama setahun ini,” ujar Effendy haru atas respons Jokowi langsung menelepon Menteri Kehutanan saat pertemuan itu atas kendala administrasi sehingga warga Desa Sukameriah, Desa Bekerah dan Desa Simacem dapat memulai hidup di areal pemukiman baru dengan tenang serta dengan fasilitas yang lengkap.


[two_third]Jokowi beri bantuan Pangan dan Rp.500.000 / KK

Jokowi dalam Peduli Bencana Sinabung berkenaan memberikan bantuan pangan sebanyak dua plastik dan uang tunai Rp.500.000 per kepala keluarga kepada para warga pengungsi di Posko Gedung Serbaguna Kabanjahe. Pemberian ini disambut sukacita para warga dan disambut hadirin yang antusias mengikuti terus acara kunjungan Jokowi. Masyarakat rela berpanas-panas di jalan raya sampai berdesak-desakan tanpa kenal lelah demi kecintaan kepada Presiden RI yang merakyat.Warga masyarakat bangga atas toleransi Pengawalan Jokowi

1 COMMENT

  1. “Desa Sukameriah, Desa Bekerah dan Desa Simacem dapat memulai hidup di areal pemukiman baru dengan tenang serta dengan fasilitas yang lengkap.”

    Mudah-mudahan bisa segera terlaksana pemindahan ini dan pengungsi 3 desa ini bisa segera keluar dari tempat pengungsian yang sudah ditinggali terlalu lama.
    Tentu dibutuhkan fasilitas secukupnya untuk bisa memulai hidup baru dan mata pencaharian baru. Dan ini kelihatannya sudah terpikirkan oleh pak Jokowi.

    Rakyat Karo dan khusus pengungsi Sinabung tentu sangat berterima kasih dan menyatakan penghargaan tinggi atas sikap pak Jokowi sebagai presiden datang ke Karo menjenguk pengungsi erupsi Sinabung yang sudah hampir setahun hidup dipengungsian.

    Belakangan saya dengar sudah ada juga dua orang pengungsi yang sudah mendapat gangguan jiwa akibat stress terlalu lama di pengungsian dengan nasib tak menentu tak bisa dipastikan.

    Dengan kedatangan pak Jokowi kelihatannya akan selesai berangsur-angsur persoalan berat yang menimpa pengungsi ini yang sampai sekarang tak bisa pulang kembali ke kampúng halamannya yang juga sudah rusak payah akibat erupsi, ladang dan rumah-rumah sudah rusak semua.

    MUG

Leave a Reply