Djamin Ginting Menjadi Pahlawan Nasional

0
225
djamin 2
Patung Djamin Ginting di depan Museum Djamin Ginting di desa kelahirannya, Suka (Kecamatan Tigapanah, Dataran Tinggi Karo).

alexander firdaustALEXANDER FIRDAUST. MEDAN. Tahun ini (2014) sepertinya tahun istimewa bagi Karo. Setelah tercatat sebagai sasaran Blusukan 001 dari Presiden RI ke 7 Joko Widodo, presiden yang sama menurut rencananya akan pula menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada kepada salah seorang putra terbaik dari Taneh Karo, Letjen TNI (Purn) Djamin Ginting.


Upacara penganugerahan menurut rencananya akan berlangsung di di Istana Negara pada Jumat [7/11] besok. Demikian disampaikan oleh Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa.

Tiga lainnya yang akan dianugerahkan gelar Pahlawan Nasional bersama Djamin Ginting yaitu Sukarni Kartodiwerjo (asal Jawa Timur), Muhammad Mangundiprojo (asal Jawa Tengah) dan KH Abdul Wahab Hasbullah (asal Jawa Timur). Khofifah mengatakan, penganugerahan gelar pahlawan keempat orang ini telah sesuai dengan prosedur yang ada, yakni lewat rapat pleno gelar pahlawan nasional.

“Pemberian gelar itu sudah seuai UU Nomor 20 Tahun 2009 tentang gelar tanda jasa dan tanda kehormatan,” lanjut Khofifah.


[two_third]ada 12 nama yang diusulkan[/two_third]

Sebenarnya, menurut Khofifah, ada 12 nama yang diusulkan untuk mendapatkan gelar pahlawan nasional. Setelah disaring oleh tim penganugerahan pahlawan berdasarkan sejumlah indikator, tinggal tersisa empat nama tersebut.

Seperti diketahui Djamin Ginting adalah seorang pejuang kemerdekaan yang menentang pemerintahan Hindia Belanda dari Taneh Karo Simalem. Djamin Ginting lahir di Tigapanah pada 12 Januari 1921 dan wafat pada 23 Oktober 1974 dalam mengemban tugas sebagai Duta Besar Indonesia di Ottawa Kanada.

Atas berita ini, pengamat politik Indonesia yang di Swedia, Malem Ukur Ginting, mengatakan: “Sykukurlah kalau Djamin Ginting sudah dinobatkan sebagai pahlawan nasional.” (Ulasannya yang lebih luas akan dimuat setelah berita ini dinaikkan)

Leave a Reply