Komitmen Segelintir yang Membawa Perubahan

1
131

Herlina Surbakti (Medan)

herlina 3Ikan paus biru, binatang terbesar, pada 190 desibel, adalah mamalia yang paling keras suaranya di muka bumi ini – jauh lebih keras daripada orang yang bisa berteriak (70 desibel) dan lebih keras daripada mesin jet (140 desibel). Paus biru panjangnya sama dengan 2 ½ kali panjang bus pariwisata yang dijejerkan dari ujung ke ujung, hatinya sebesar mobil Volkswagen Beetle. Panjang lidahnya 7 m dengan berat 3 ton. Seekor bayi paus biru diperkirakan bertambah beratnya sebanyak 7 kg per jam pada tahun pertama kehidupannya!

Pertemuan Kinikaron di Bukit Kubu (Berastagi) (Foto: Adam)

Fakta lain yang menakjubkan adalah bahwa ikan paus biru begitu besar sehingga ketika mamalia ini perlu berbalik arah, mebutuhkan 5-7 menit untuk berbalik 180 derajat! Mungkin banyak diantara kita yang menarik paralel antara paus biru dan sistem pemerintah kita termasuk sistem pendidikan kita. Banyak diantara kita merasa bahwa akan membutuhkan waktu yang lama untuk membalikkan keadaan atau membuat perubahan bisa terjadi.

Tapi, tunggu dulu! Ada juga perbandingan lain. Pertimbangkan bukannya membandingkan sistem yang seret seperti sistem pemerintahan dan pendidikan kita untuk berkembang dengan sekelompok ikan sarden. Kerumunan besar ikan kecil yang dapat memempunyai massa/berat sama dengan puluhan paus biru. Tapi mereka tidak seperti paus biru, kumpulan besar ini dapat mengubah arah langsung dalam hitungan detik – bergerak dengan kecepatan luar biasa dan ketangkasan dalam segala arah.

Memang, ada perbedaan mendasar antara cara ikan paus biru berbalik dan sekelompok sarden berubah arah. Bagaimana sarden melakukannya? Bagaimana mereka tahu secara kolektif mengubah arah? Apakah mereka memakai ponsel? Apakah mereka berkoordinasi melalui media sosial?


[one_third]sekelompok kecil sarden berenang ke arah lain[/one_third]

Apabila kam amati dengan cermat, kam dapat melihat bagaimana kolektif besar individu ikan sarden ini mampu bergerak. Tepat sebelum perubahan besar, anda akan melihat sekelompok kecil sarden berenang ke arah lain. Ketika mereka melakukan hal ini, mereka pasti menimbulkan konflik, rasa tidak nyaman, tabrakan, dan stres dengan sarden lain yang bertahan dan bergerak ke arah yang sama. Namun akhirnya, ketika massa kritis, sarden yang benar-benar mempunyai komitmen ingin mengubah (bukan 50 atau 60 persen, tapi hanya 10 sampai 15 persen yang benar-benar percaya dalam perubahan), kam tahu apa yang terjadi?

Sisa dari kelompok akan berubah dan mengikuti. Sejarah penuh dengan perubahan, baik besar maupun kecil, yang dimulai persis dengan cara yang sama. Bahkan seluruh pemerintah telah digulingkan, dinding dirobohkan, dan hidup kita selamanya berubah melalui penentuan terus-menerus dari sekelompok kecil orang berkomitmen untuk berubah.

Jadi, hari ini kita merayakan sarden yang berkomitmen! Kita ambil waktu untuk merayakan mereka di antara kita yang telah mantap dan terus menerus berenang ke arah lain, terlepas dari perlawanan, konflik dan ketidaknyamanan. Mereka, melalui kepemimpinan sarden-sarden yang berkomitment ini, telah merekrut orang lain untuk membayangkan perubahan arah. Kita semua merasa bahwa pergeseran seluruh sistem datang.

Kita tahu bahwa itu telah diambil masing-masing dari kita, secara individu dan kolektif, yang berkomitmen penuh untuk mengubah yang akan membawa kita ke arah transformasi yang indah! Saya yakin presiden baru kita, Bapak Jokowi telah mengangkat sarden-sarden yang berkomitment sebagai mentri-mentrinya. Demikian juga para mentri akan merekrut sarden-sarden yang berkomitmen.

Karena saya bekerja dalam bidang pendidikan maka saya berharap Bapak Anis Baswedan akan merekrut sarden-sarden yang berkomitmen untuk menggerakkan perubahan dalam kementriannya. Mejuah-juah.

* Penulis adalah pensiunan guru dari Jakarta Internasional School, Jakarta.

1 COMMENT

  1. Sangat menarik contoh sardin ini. Kesatuan dan keseragamannya dalam tiap gerakan yang mengubah arah secara serentak, rapi dan cepat dikomandoi oleh beberapa sardin dibagian terdepan. Jadi teringat ungkapan dari Margaret Mead katanya: “Never doubt that a small group of thoughtful, committed citizens can change the world; indeed, it’s the only thing that ever has.”

    KBB telah bikin arah yang pasti bagi kepentingan perkembangan Karo, dari pemikiran segelintir orang Karo dan yang sekarang telah semakin meluas akan menirukan seperti gerakan sardin tadi. Yang lebih indah lagi ialah bahwa gerakan KBB sekarang ini berada dalam era IT, teknik informasi yang memungkinkan kecepatan informasi menirukan sistem informasi alamiah yang sangat tinggi seperti kecepatan tehnik info sardin.

    MUG

Leave a Reply