Berita Foto: Erjamah

1
180

Oleh: Tito Santana Ginting (Juhar)

 

 

ikan 4Erjamah adalah sebuah tradisi Suku Karo dalam menangkap ikan di sungai (lau mbelin ) dengan hanya menggunakan kedua tangan tanpa satu alat lain pun juga. Kegiatan seperti ini masih sering dilakukan di kampung kami.

 

 

 

ikan 1

Dalam bahasa Indonesia, erjamah arti harafiahnya adalah meraba. Kegiatan erjamah biasanya dilakukan oleh para remaja kampong secara berkelompok untuk buang suntuk bila kebetulan tidak ada kegiatan lain. Ikan-ikan yang diperoleh melalui kegiatan erjamah adalah beru lau, kaperas, jurung, nurung mentar dan sirih-sirih (seserih) . Ikan jenis terakhir, sirih-sirih, bentuknya mirip sebakut (lele) ataupun ikan sembilang di laut.

ikan 2Erjamah dilakukan dengan membongkar lobang-lobang di sungai atau celah-celah batu sungai dimana ikan-ikan diduga sedang bersembunyi. Ketika ada ikan yang terlihat, secepatnya si pencari ikan menangkapnya dengan tangan kosong.

Foto-foto di atas dijepret bulan Maret 2014 lalu ketika beberapa anak-anak melakukan erjamah di sungai Lau Mbelin, Desa Pasar Baru (Kecamatan Juhar, Dataran Tinggi Karo).

1 COMMENT

Leave a Reply