Klasis Medan-Kutajurung Napak Tilas ke Sibolangit

0
201
Napak Tilas 1
Rombongan napak tilas berfoto di depan GBKP Tanjungberingin

Supir KPUM 23 Sukses Perawani Pacar di Malam Tahun BaruIMANUEL SITEPU. MEDAN. GBKP Klasis Medan-Kutajurung mengadakan napak tilas menyusuri jejak misionaris di kawasan Tanjung Beringin (Kecamatan Sibolangit) [Sabtu 29/11].

Hajatan bidang Marturia ini melibatkan sejumlah pendeta, pertua, diaken dan keluarga dari 15 runggun (mejelis) setempat. Tampak hadir Ketua Klasis Medan-Kutajurung Pdt. Sarianto Purba STh MMin, Pdt. Iskadar Purba, Pdt T.U. Barus, Ketua Klasis Sibolangit Pdt. Jovianus Tarigan STh dan Kabid Marturia Pt. Drs. Timbas Peranginangin. Rombongan disambut sejumlah jemaat GBKP Runggun Tambunan dan Tanjung Beringin yang diantaranya tampak Pt. Protestan Gurusinga, Pt. Koma Tarigan dan Pt. Em. K. Sembiring.

Ketua Klasis Medan Kutajurung Pdt. Sarianto Purba STh MMin mengatakan, napak tilas ini merupakan wahana penambah apresiasi kepada perjuangan misionaris masa lalu.

“Klasis menjadwalkan kegiatan ini setiap tahun agar pelayan Tuhan merasakan betapa misionaris sebagai pendahulu tidak mengenal lelah menganarkan Firman Tuhan,” ujarnya.

Napak tilas diisi pertemuan dengan jemaat GBKP Tanjung Beringin guna tukar informasi seputar pembangunan keumatan. Satu diantara nara sumber perempuan lanjut usia L. beru Bangun dalam usianya 72 tahun masih energik menguraikan jejak – jejak para rohaniwan yang masuk ke desa tersebut.

Diawali dengan hadirnya guru agama Hendrik Pesik dari Minahasa, munculnya sekolah guru agama dan lahirnya sejumlah nama rohaniwan idealis seperti Gr. N. Sinuraya. Napak tilas diakhiri dengan melintasi hutan tanaman industri mulai dari Desa Tanjung Beringin sampai ke Desa Sukadame (Kecamatan Pancurbatu).

Menurut Pt. drs. Jenda Bangun, agenda tersebut memiliki nilai komplit, di samping unsur sejarah, juga rohani, sosial dan pariwisata.

Leave a Reply