Menanam Peleng di Ujung Aji (Berastagi)

0
539

peleng 1LORETA KARO SEKALI. BERASTAGI. Peleng adalah sejenis bayam yang kini merupakan primadona sayuran Tanah Karo. Selain digemari masyarakat lokal, peleng ini juga salah satu komoditi ekspor andalan ke Singapore. Prospek cerah tanaman sayur peleng ini dimanfaatkan oleh Tunut Sembiring dengan menanami ladangnya dengan tanaman sayur peleng ini. Ladang Tunut terletak di Desa Ujung Aji (Kecamatan Berastagi, Dataran Tinggi Karo). Letaknya tidak jauh dari jalan raya.

“Dulu bapak menanami ladang kita dengan sekitar 400-500 batang kopi. Sebagian pohon kopinya telah dicabut. Bapak menanami peleng di bedengan tanaman kopi itu,” kata Icha, putrid Tunut kepada Sora Sirulo [Jumat 5/12].

Menurut Icha, hanya di satu dua ladang tanaman ini sekarang bisa didapati di Desa Ujung Aji.

“Peleng hanya hanya akan tumbuh baik bila ditanam di musim kemarau. Saat musim kemarau kemarin itu, kebetulan tidak banyak yang menanamnya karena masalah penyiraman. Bapak waktu itu menyiramnya dengan mesin setiap pagi dan sore sehingga tumbuh subur. Apalagi tanah kita sekarang sanga subur sejak Sinabung menaburkan debunya,” papar Icha.

Dalam seharinya, Tunut memanen pelengnya sekitar  300 Kg setiap harinya. Biasanya dia membawanya ke Pasar Berastagi, tapi kadang-kadang ada juga yng memesannya datang dari Pekan Baru (Riau).

“Bila yang dari Pekan Baru datang, dia langsung memanennya sendiri ke ladang. Kadang dia membeli 120 Kg per hari. Sebelum datang, dia menelepon telebih dahulu,” kata Icha.

Menurut Icha lagi, kalau tidak laku di Pasar Berastagi ke verkoper, kita jual eceran ke Pajak Singa dengan harga Rp. 2 ribu per ikat.

“Wah, ramai juga mengecernya. Banyak peminatnya,” ujar Icha seraya tersenyum riang.

“Kalau ada pembaca Sora Sirulo yang mau jalan-jalan ke ladangndu sekalian beli peleng dengan memanen langsung bagaimana?” Tanya Sora Sirulo.

“Wah silahkan. Hubungi saja ayah saya, Tunut Sembiring ke HP 01396995073 jawab Icha.

Orang-orang Indonesia biasanya memasak peleng dengan cara tumis atau kadang juga disop. Daunnya yang muda bisa jadi lalapan. Peleng disebut juga dengan nama Bayam Jepang atau nama dagang populernya Horinso (Spinacea oleracea).

Adapun kandungan gizi peleng adalah sebagai berikut: Energy 1 KJ, karbohidat 3,6 gr, gula 0,4 gr, serat diet 2,2gr , lemak 0,4 gr, protein 2,9gr, folat, Vit C, Vit E , Vit K, Kalsium, dan Zat Besi.

Leave a Reply