Renungan Natal: Mengapa Yesus Harus Datang?

0
163

Oleh: Pdt. Dr. Heryanto MTh

 

Natal kita kenal sebagai kelahiran Yesus, kelahiran Sang Juru S’lamat di dunia. Mata Tuhan tertuju kepada dunia karena satu alasan, yaitu manusia. Memberikan manusia kelepasan dari dosa dan memberikan hidup yang kekal pada manusia.

Alasan mengapa Yesus harus datang ke dunia :

  1. Yesus Datang Membawa Hidup

“Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.” (Yoh. 10:10b)

Yesus datang untuk membawa hidup bukan hanya ketika manusia ada di dunia tapi juga memberikan hidup dalam kekekalan dan dalam kelimpahan. Hidup dalam kelimpahan bukan hanya bicara tentang materi, namun kelimpahan adalah dalam segala aspek kehidupan kita, yaitu damai sejahtera, sukacita, kesehatan yang baik, rumahtangga yang harmonis dan segala yang baik dalam hidup kita.

“Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.” (Yoh. 10:10b)

  1. Yesus Datang Memanggil Orang-orang Berdosa

“Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, tetapi orang berdosa, supaya mereka bertobat.” (Luk. 5:32)

Tuhan datang untuk memanggil domba-domba yang tersesat dan yang terhilang untuk masuk dalam kebenaran dan kemuliaanNya.

  1. Yesus Datang Menyelamatkan Dunia

“Dan jikalau seorang mendengar perkataan-Ku, tetapi tidak melakukannya, Aku tidak menjadi hakimnya, sebab Aku datang bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya.” (Yoh. 12:47)

Melalui kelahiran Yesus maka dunia akan beroleh kehidupan yang kekal.

  1. Yesus Datang Memberikan HidupNya

“Karena Anak Manusia juga datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang.” (Mrk. 10:45)

Hanya Yesus yang mampu untuk memberikan keselamatan kepada manusia. Oleh karena itulah, Bapa memberikan Yesus, AnakNya yang tunggal kepada dunia untuk memberikan hidupNya menjadi tebusan bagi banyak orang. Yesus menanggalkan ke-Allah-an-Nya dan mengambil rupa seorang hamba, agar manusia beroleh masuk dalam kemuliaan Allah. Kehidupan yang kekal hanya diberikan kepada orang yang percaya kepada Tuhan Yesus dan hidup dalam kebenaranNya.

Kebenaran adalah sesuatu yang daripadanya kita beroleh kekudusan dan dibenarkan, dan kebenaran itu hanya kita peroleh melalui Yesus Kristus.

“Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.” (Yoh. 3:16)

Kronologi Tuhan Yesus :

LAHIR -> MATI -> BANGKIT -> NAIK KE SORGA

Natal merupakan satu paket Ilahi dari kelahiran Tuhan Yesus, kematian, kebangkitan, dan kenaikanNya ke surga dan Roh Kudus dicurahkan bagi kita dan saat ini kita sedang menantikan kedatanganNya yang kedua kali sesuai dengan janjiNya.

“Sebab Anak Manusia akan datang dalam kemuliaan Bapa-Nya diiringi malaikat-malaikat-Nya; pada waktu itu Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya.” (Mat. 16:27)

Dia Datang tidak untuk Mengambil sesuatu dari kita, tetapi untuk Memberi sesuatu bagi kita.

Leave a Reply