Pangdam I/BB dan Kombes Ricky F. Wakanno Natalan Bersama Pengungsi Sinabung

0
282
sinabung 3
Pangdam I/BB Mayjen didampingi Dansatgas Bantuan Kolonel Josua Ginting, Bupati Karo, dan DirKaro SDM Polda Sumut Kombes Tabana Bangun menyalakan lilin tanda dimulai Perayaan Natal.

bunuraya 5BERNARD PANGARIBUAN. KABANJAHE. Pangdam I/BB Mayjen TNI Winston Pardamean Simanjuntak dan Kombes Pol. Drs. Ricky F. Wakanno Ginting dari Baharkam Mabes Polri hadiri Perayaan Natal TNI/Polri, BNPB/BPBD, Relawan dan Rohaniawan bersama para warga pengungsi korban rrupsi Gunung Sinabung di Posko Kompleks UKA, Kabanjahe [Sabtu 27/12].

Para pengungsi datang dari berbagai Posko yang menampung pengungsi yang berasal dari Desa-desa Sukameriah, Bekerah, Simacem, Berastepu, Sukanalu Teran, Singgarang-garang, dan Gurukinayan.

Perayaan Natal dan sekalian Pergantian Tahun ini bisa memberikan pencerahan bagi masyarakat pengungsi karena banyak makna dan hikmah di balik musibah yang dialami tidak bisa diungkap. Banyak cerita dukacita dialami para pengungsi tapi  kita harap ke depannya ada butir kebaikan. Kini tinggal menunggu tersingkapnya tabir arti musibah ini sebab kasih Tuhan masih ada dan senantiasa menyertai. Dia tidak mungkin meninggalkan umatNya dalam kesusahan ataupun tertindas karena kuasa si jahat dari setan atau iblis telah ditaklukkan anak Allah yang turun ke bumi, Yesus Kristus.

Sama dengan wujud manusia. Sepatutnya musibah yang datang menjadi cemeti  agar kita menjadi umat lebih baik lagi melakukan FirmanNya dan mau memberi waktu bersekutu dengan Dia yang Maha Kuasa atas semua di langit dan bumi, demikian kira-kira isi khotbah yang disampaikan oleh Pdt. Daniel Tan.


[two_third]cerita nubuat Ibrahim yang perjalanan hidupnya diberikan cobaan[/two_third]

“Yakinlah Allah merupakan sahabat dan sumber pemberi kehidupan. Jangan larut dalam kesedihan. Yakin dan percayalah Allah akan ganti  musibah yang kita alami dengan kebahagiaan seperti  terangkai dalam Alkitab berkenaan dengan cerita nubuat Ibrahim yang perjalanan hidupnya diberikan cobaan. Lalu, Allah ganti dengan kebahagian sebagaimana disampaikan kesaksian dari jemaat dan Pdt. Daniel Tan itu benar,” ungkap Pangdam I/BB Mayjen Winston P Simanjuntak  dan Kombes Ricky F. Wakanno Ginting kepada ribuan pengungsi  yang hadir.

Adapun Bupati Karo Terkelin Brahmana SH mengajak hadirin menjadikan Natal sebagai bagian dari jalan meniti  pintu kebahagian baru karena di dalamnya terdapat keberkahan.

“Tetap bersabar dan semangat  menanti hal terbaik dalam hidup karena pemerintah berusaha melakukan yang terbaik untuk melayani,” tutur Bupati Karo Terkelin Brahmana SH yang disambut sukacita warga dan tertegun atas iman percaya kepada Tuhan yang diperlihatkan para pemimpin bangsa Indonesia sekarang ini.

Kepada wartawan, Pangdam mengatakan kepada wartawan di sela-sela acara bahwa tahap pertama pembangunan 50  rumah untuk pengungsi sebentar lagi siap ditempati dan kemudian dilanjutkan pembangunan tahap ke dua.

“Fasilitas penerangan listrik telah tersedia  begitu juga persedian air bersih yang langsung  diambil dari mata air di sekitar Puncak 2000 yang dialirkan ke Puncak 2005,” papar Pangdam didampingi Danrem 023 Kawal Samudera selaku Dan Satgas Pembangunan Rumah Relokasi, Kolonel Josua Ginting dan Kolonel Halilintar Sembiring selaku Panitia Natal.

Sarina beru Surbakti (49) warga pengungsi asal Berastepu menuturkan, bagi pengungsi,  merayakan Natal di pengungsian, tidak berarti dukacita hilang begitu saja.

“Namun, bukan berarti kita tidak boleh bergembira saat ini bersama TNI/Polri, BNPB/BPBD, Relawan dan Rohaniawan walau dengan persiapan seadanya di tenda darurat terbatas sarana,” ujarnya.

Pantauan wartawan, ribuan warga pengungsi Kristen, baik orangtua maupun anak-anak  dari 12 Posko tersebar di Kabupaten Karo sangat antusias berkumpul di UKA Kabanjahe merayakan Natal yang dihadiri Pangdam I/BB, Bupati Karo, Mabes Polri diwakili Kombes Ricky F. Wakanno Ginting, unsur HMKI dari tokoh Karo Prof. Meneth Ginting, Prof. Paham Ginting (Ketua HMKI Karo), Roy F. Ginting SH, MKn,  Dirkaro SDM Polda Sumut Kombes Tabana Bangun, Kapolres Karo AKBP Viktor T. Sik, Dandim 0205/TK Letkol Asep S, Dansatgas bantuan pengungsi Kolonel Josua Ginting, Kolonel Halilintar Sembiring, Kepala BPBD Karo, Subur Tambun, Ketua Komunitas Kompak Pers Karo B Kurnia PP, Relawan Bencana alam Erupsi Sinabung serta rohaniawan dari Gereja Bala Keselamatan Kabanjahe dan Gereja Bethany Indonesia Kabanjahe,

Dalam Perayaan Natal ini tampak ribuan warga pengungsi tumpah ruah dalam suasana sukacita atas kebaikan Tuhan dalam keadaan erupsi gunung. Sebagai orang percaya, ada rencana Tuhan atas kejadian ini yang mana rancanganNya indah dan tepat manfaatknnya.

Ribuan warga yang hadir ikut merayakan Natal. Dengan sukarela Ricky Wakanno Ginting memerankan Santa Klaus didampingi dua orang dengan membawa hadiah kado Natal kepada orangtua dan bingkisan Natal anak-anak sekolah minggu dari TNI dan Polri. Ini menambah semangat para anak-anak.

Leave a Reply