Lubang Tanah Amblas di Kuta Nangka

0
286

alexander firdaustkuta nangka 2ALEXANDER FIRDAUST. TANEH PINEM. Mendadak saja muncul lubang sedalam 6 meter dengan diameter sekitar 4 meter di sebelah kiri bangunan gedung gereja GBKP Kuta Nangka (Kecamatan Taneh Pinem) sejak beberapa waktu lalu (lihat foto-foto).

Adanya berita di media sosial mengenai lubang yang tiba-tiba muncul ini langsung ditanggapi oleh BPDB Kabupaten Dairi dan mengatakan akan segera terjun ke lokasi.

Ketika mengunjungi desa ini kemarin [Kamis 1/1], Sora sirulo mendapat informasi dari warga setempat, Bp. Rela Sembiring, bahwa tim BPBD Kabupaten Dairi telah datang melihat langsung lubang tersebut beberapa hari lalu. Dia menambahkan bahwa BPBD mengakui, bila lubang yang muncul tidak terlalu lebar dan dalam, lubang ini bukanlah ancaman besar. Akan tetapi, apabila lubang yang muncul sangat besar, maka bisa jadi keberadaannya akan mengancam pemukiman warga yang jaraknya tidak jauh dari posisi lubang.

Menurut BPBD Dairi lagi, lubang ini adalah sejenis sink hole (lubang amblasan) di Desa Kuta Nangka ini terbentuk akibat hancurnya batuan berupa batu kapur oleh aliran air di bawah tanah.

.

Leave a Reply