3 Kali Erupsi Sinabung Siang Ini

0
208
erupsi
Sesaat setelah erupsi yang pertama (Foto: Jimmy Ginting)

BRANDY KAROSEKALI. BERASTAGI. Gunung Sinabung kembali mengalami erupsi siang ini [Senin 12/1] sebanyak dua kali.

Erupsi pertama terjadi sekitar Pukul 10.15 WIB, menyemburkan abu vulkanis ke arah Berastagi dan Kecamatan Merdeka. Abu mulai menyelimuti Berastagi mulai Pukul 11.20 WIB. Erupsi ke dua terjadi pada Pukul 14.05 WIB.

“Sejak berapa hari terakhir, abu vulkanik terus turun melanda kota wisata Berastagi. Hari ini abu mulai turun sekitar Pukul 11.20 WIB siang tadi,” kata seorang warga kepada Sora Sirulo.
Pemantau Gunung Api (PGA) Sinabung, sudah dua kali terjadi erupsi guguran dengan jarak luncur paling jauh 3 km.

“Pertama kali terjadi pada pukul 10.15 WIB menjelang siang, dan dilanjutkan pukul serta 14.05 WIB barusan,” kata seorang petugas PGA Sinabung.

Luncuran awan panas paling jauh mencapai 3 km yang terjadi pada 10.15, dengan arah luncuran ke Selatan. Sementara tinggi kolom mencapai 1 km dengan arah angin menuju Timur.

Barusan saja (Pkl. 15.00), ketika berita ini sedang dinaikkan, kami mendapat berita lagi terjadinya erupsi ke tiga. Menurut laporan, erupsi kali ini menyebabkan tertutupnya pandangan mata dan kamera sehingga yang terlihat hanya satu warna yaitu abu-abu karena debu vulkanik telah meyebar secara merata.

 

Leave a Reply