Kolom M.U. Ginting: Keterbukaan

0
169

Dalam soal mengganti Kapolri, “saya melihat kapasitas dan prM.U. Gintingofesionalitas jika Polri di bawah pimpinan Budi Gunawan ini,” kata mantan Sekjen PDIP Pramono di merdeka.com. Jelas di sini hanya penglihatan Pramono artinya masih sangat subjektif.

Katakanlah secara transparan dimana kapasitasnya (Budi Gunawan) secara konkret sehingga seluruh rakyat bisa juga melihatnya dan bisa membenarkan penglihatan pak mantan Sekjen PDIP ini. Tidak hanya dalam omongan. Bukti nyata dan terbuka dibutuhkan.

Yang jelas sudah terbukti adalah bahwa dia ’orang dekat Megawati’ dan kabar miring tentang rekening gendutnya.  Ini jelas tak cukup bagi publik untuk membuktikan kapasitasnya tadi.

 

“We have entered the age of Information Egalitarianism”

Semua punya hak untuk beri informasi dan juga untuk mendapatkan informasi sehingga semua ikut dalam bikin keputusan penting yang dibutuhkan masyarakat. Inilah keterbukaan sebagai senjata ampuh demokrasi, senjata ampuh menentang kegelapan dan kerahasiaan yang dipuja oleh semua diktator dan juga semua kekuatan anti demokratis seluruh dunia sampai sekarang.

Keterbukaan di sini berarti akses bagi publik terhadap informasi yang dibutuhkan untuk membikin keputusan bersama dalam soal yang menyangkut kepentingan orang banyak seperti Kapolri.

Leave a Reply