Kolom M.U. Ginting: Tanah Perjanjian

0
234

M.U. GintingMenurut Netanyahu, teror akan terus ada di pelbagai belahan bumi dan Yahudi paling banyak menjadi sasarannya. Netanyahu tidak memberikan penjelasan lebih lanjut mengapa ’Yahudi paling banyak menjadi sasaran’ (merdeka com). Tetapi Netanyahu punya solusi yang masuk akal dalam tingkat perkembangan sekarang ini.

“Untuk seluruh Yahudi di Perancis, Yahudi di Eropa, saya ingin mengatakan Israel bukan hanya tempat bagi Anda berdoa namun di sini juga rumah yang tepat,” kata Netanyahu.

Setiap bangsa dan nation/ kultur punya negerinya sendiri, sebagai ’rumah yang tepat’ tak bisa diragukan kebenarannya. Kalau di Indonesia kita bilang ’kembali ke daerah’ sebagai basis  perkembangan tiap kultur dan kemajuan, karena di situ ada apa yang kita sering sebutkan dengan KEARIFAN LOKAL berdasarkan kultur lokal. Pembangunan nation Indonesia dimulai dengan mengikutkan semua kearifan lokal.

Apakah kemajuan dunia juga harus dimulai atau didasari oleh kemajuan tiap negeri dunia?  Formulasi ini juga tak perlu diragukan. Hubungan international yang harmonis, adil dan saling menguntungkan merupakan syarat yang harus juga diikutkan. Dan ini memang sudah mungkin dalam era elektronik/internet dan era keterbukaan

Leave a Reply