Interpretasi Musik Herbert von Karajan

0
264

fitra barusOleh: Cord Fitra Barus (Jakarta)

Ada seorang music conductor dari Austria, namanya Herbert von Karajan. Dia sangat terkenal karena interpretasinya. Aku lupa mengenai karya-karya apa/siapa saja yang dia pentaskan, tapi seingatku suatu ketika Herbert ini mementaskan karya seorang komponis hebat (yang aku lupa itu tadi). Menurut banyak orang, maupun kritikus, pertunjukan Herbert justru lebih bagus daripada pertunjukan si komponisnya itu sendiri (karya yang sama).

Bukankah sikomponislah yang sepantasnya paling pas interpretasinya terhadap karyanya? Mengapa malah Herbert dikatakan lebih bagus padahal itu bukan karyanya?

Dia hanya menyajikan ulang apa yang ditulis oleh komponis aslinya, tidak ada yang berbeda, kecuali dengan interpretasi milik Herbert. Bagiku itu menunjukkan bahwa rasa itu subyektif dan selera itu subyektif.

Kebetulan interpretasi Herbert yang subyektif itu disukai oleh orang-orang dan para kritikus (orang-orang itu subyektif, namun kritikus tentunya tidak mungkin se-subyektif orang-orang yang non kritikus).

Apakah kemudian timbul semacam “pengkerdilan” terhadap para komponis yang karyanya dipentaskan oleh Herbert? (pujian terhadap Herbert bukan hanya karena pada pertunjukan karya 1 orang, melainkan dari karya banyak komponis). Jawabnya, tidak.

Para komponis tetap mendapat tempatnya seperti semula. Hanya saja, Herbert mendapat tempat tersendiri atas interpretasinya.

Tulisan terkait: Hilangnya Ruh Menggetarkan dari Musik Karo

Leave a Reply