Kolom M.U. Ginting: Bob Sadino dan Media Sosial

0
206

M.U. GintingBob Sadino (Bambang Mustari Sadino) mulanya pedagang sayur dan telur ayam yang sukses, kemudian jadi pemilik super market Kem Chiks, Kem Foods, dan Kem Farms.

Kesuksesan Bob adalah karena usaha sendiri dan kerja keras dengan modal dengkul seperti dia katakan sendiri. Kalau kita mau menjual dengkul kita Rp 500 juta maka berarti kita punya modal Rp 1 M karena kita punya dengkul dua buah katanya. Dengan modal dengkul itu kita punya jaminan Rp. 1 M dalam memulai satu usaha. Bob yang orang sederhana kelihatannya tak menyukai orang angkuh sok punya.

“Yang beneran punya (uang), enggak akan banyak bicara seperti mereka yang berlagak sok punya,” kata Bob.

Bukti-bukti kebenaran kata-kata Bob ini banyak kita jumpai di media sosial yang digunakan justru untuk show windows bagi orang-orang yang dimaksudkan Bob. ”Yang beneran punya (uang), enggak akan banyak bicara,” atau pamer. Media Sosial seperti FB selain sisi positifnya yang sangat banyak, ada juga sisi negatifnya seperti pamer ini, dan bagi sebagian orang sering terlihat semakin ’high’ dan tak ada hentinya.

Tetapi banyak juga yang akhirnya mundur teratur dari FB sembunyi tak pernah muncul lagi setelah melalui berbagai debat dan perkelahian maya yang tak diduga sebelumnya. Pemblokan reman-teman lama sering terjadi. Dalam hal ini, FB tak memberikan perkembangan dan kemajuan bagi orang-orang tertentu.

Tetapi sebagian besar bisa memanfaatkan hal-hal yang positif dari media sosial seperti FB. Mendapat informasi, share pendapat atau kata-kata indah, dan pengalaman yang berguna bagi kehidupan, sehingga bisa menambah inspirasi dan energi yang lebih besar dalam menghadapi perjuangan untuk survival dalam dunia maya dan yang kemudian bisa dimanfaatkan dalam kehidupan nyata juga.

Leave a Reply