Apa Saja Warisan Budaya Karo?

0
244

Oleh: Brandy Karosekali (Medan)

 

warisan budaya Karo 2Mendaftarkan nama warisan budaya Karo sangat penting dilakukan. Akan tetapi, tidak mungkin melestarikan warisan budaya Karo sementara kita tidak mengetahui apa-apa saja itu yang dapat dianggap warisan budaya Karo. Dalam rangka memperjelas pemahaman kita tentang hal apa sajakah yang dianggap warisan budaya, perlu kita pelajari terlebih dahulu pengertian warisan budaya itu sendiri.

Warisan budaya menurut Davidson (1991:2) adalah hasil budaya fisik dari tradisi-tradisi yang berbeda dan prestasi-prestasi spiritual dalam bentuk nilai dari masa lalu yang menjadi elemen pokok dalam jatidiri suatu kelompok atau bangsa. Dari gagasan Davidson ini, warisan budaya dapat diartikan sebagai hasil budaya fisik (tangible) dan nilai budaya (intangible) dari masa lalu.

Warisan budaya fisik (tangible heritage) sering diklasifikasikan menjadi warisan budaya tidak bergerak (immovable heritage) dan warisan budaya bergerak (movable heritage). Warisan budaya tidak bergerak biasanya berada di tempat terbuka dan terdiri dari atas: situs, tempat-tempat bersejarah, bentang alam darat maupun air, bangunan kuno dan/atau bersejarah, patung-patung pahlawan (Galla, 2001: 8). Adapun warisan budaya bergerak biasanya berada di dalam ruangan dan terdiri dari: benda warisan budaya, karya seni, arsip, dokumen, dan foto, karya tulis cetak, audiovisual berupa kaset, video, dan film (Galla, 2001: 10).

[two_third]berasal dari budaya-budaya lokal[/two_third]

Sementara itu, nilai budaya dari masa lalu (intangible heritage) berasal dari budaya-budaya lokal, yang meliputi: tradisi, cerita rakyat dan legenda, bahasa ibu, sejarah lisan, kreativitas (tari, lagu, drama pertunjukan), kemampuan beradaptasi dan keunikan masyarakat setempat (Galla, 2001: 12).

Dari uraian pengertian warisan budaya di atas, baik warisan budaya berdasarkan hasil budaya fisik (tangible) dan warisan budaya berdasarkan nilai budaya (intangible) dari masa lalu, kemudian kita tentu sudah dapat menjawab pertanyaan, yakni apa-apa sajakah yang tergolong dan dapat dianggap sebagai warisan budaya Karo?

Mari teman-teman Kasro kita daftarkan berbagai hal yang kita anggap sebagai warisan dari budaya Karo. Semoga hal ini nantinya dapat menjadi panduan bagi kita dan generasi penerus di masa mendatang dalam rangka melestarikan budaya Karo.

Bujur ras Mejuah-juah

Leave a Reply