Kolom M.U. Ginting: SOK BERSIH

0
144

M.U. GintingSemua kesalahan lama diperbaharui. Soal BG sudah 10 tahun, soal BW sudah 5 tahun. Bagi rakyat banyak, terlambat mengetahuinya, tetapi tetap saja bagus karena persoalan diangkat ke atas meja dan terbuka.

Kalau sudah dibuka tentu akan berakhir dengan kebenaran. Ini sudah dimungkinkan karena ’rahasia’ apapun sudah susah untuk ditutupi sekarang ini. Tak ada lagi tempatnya, kata Snowden.

Para koruptor di tingkat mana saja dan di mana saja semakin terkuak ulahnya.

”Jangan sok bersihlah,” kata Akil Mochtar menurut Raja Bonaran dari Tapanuli Tengah. Betul juga kata Raja ini, epidemi ’sok bersih’ sedang meluas sekarang atau epidemi masa lalu tetapi masih ada sekarang. Masih banyak sisanya. Era internet dan KPK berperan penting dalam memerangi penggelap uang rakyat ini, sehingga hanya tinggal sisanya epidemi ’sok bersih’ itu.


[one_fourth]namanya epidemi, sasarannya manusia tak pilih siapa[/one_fourth]

Epidemi sok bersih ini masuk ke mana-mana, tak luput juga ke KPK yang, artinya, tak bisa dianggap sebagai kekecualian. Namanya epidemi, sasarannya manusia tak pilih siapa dan di mana saja. Banyak polisi yang kena, tetapi bisa juga institusi KPK padahal rakyat tak mengharapkannya sama sekali dan menjadi kecewa karenanya.

Akan tetapi, epidemic tak bisa diatur dimana dia akan menyelinap. Yang penting, diatasmejakan saja serta biarkan semua orang menilai dan membuat pertimbangan yang adil sehingga ada putusan yang adil demi rakyat negeri ini.


Leave a Reply