Kolom M.U. Ginting: Jokowi Bersama Keterbukaan

0
263

M.U. Gintingketerbukaan 2Kedua institusi penting ini (KPK dan Kapolri) punya orang-orang yang masa lalunya kabur atau banyak soal (soalnya sebenarnya tak banyak, hanya duit, duit ….. ). Walaupun sudah berlalu lama tetapi bagus kalau sekarang semua diatasmejakan lagi. Opennes 10 tahun lalu sangat beda dengan opennes sekarang. Karena itu, sangat bagus bagi rakyat dan kepentingan rakyat kalau semua soal masa lalupun dikeluarkan sekarang.

Amatlah naif kalau dibilang di institusi Polri semua bersih (ini hanya jadi bahan tertawaan), dan juga di institusi KPK. Karena itu, selalu perlu proses pembersihan. Proses pembersihan ini semakin mantap jika semakin luas beredar dan terbuka di kalangan orang banyak (publik). Ini sudah memungkinkan sekarang di era internet media sosial.

Yang masih perlu dan sangat dibutuhkan ialah orang-orang internet yang siap jadi promotor atas semua keterbukan ini. Sudah banyak yang siap menjadi promotor dan semakin banyak terutama di kalangan anak-anak muda.

Jokowi dituduh tidak tegas atau kurang tegas dan, bahkan, cover majalah Time menunjukkan Jokowi yang tadinya sebagai HOPE diubah orang jadi HOPELESS oleh banyak orang.


[one_fourth]Jokowi adalah introvert dari suku introvert Jawa[/one_fourth]

Harus jadi pegangan bahwa Jokowi adalah introvert dari suku introvert Jawa. Cara menyatakan pikiran dan sikapnya berbeda jauh dari orang-orang extrovert yang ’terus terang dan tegas’ sebagaimana biasa digambarkan. Watak ’tegas dan terus terang’ tak bisa dipaksakan kepada Jokowi seperti orang Karo tak bisa dibatakkan atau orang Jawa dibugiskan atau orang Dayak dimadurakan.

Jokowi punya langgam sendiri dalam memimpin negeri ini. Potensi Jokowi dibarengi dengan potensi era internet, potensi rakyat banyak ikut ambil bagian. Potensi ini tak bisa dimanfaatkan oleh orang extrovert karena sifatnya yang berkebalikan dengan introvert. Ini sudah terbukti satu abad era extrovert, kegagalan Wall Street dikuasai oleh extroversi loudmouth/ baraggarts.

Dunia sudah berubah, dominasi introvert tak diragukan, quiet revolution Susan Cain atau revolusi mental Jokowi.

Leave a Reply