Kolom M.U. Ginting: Pernyataan Menko Polhukam

0
98

M.U. GintingMenteri Polhukam ini masih hidup di dua era. Satu kakinya di era lalu (Orba) dan satu lagi di era sekarang (revolusi kontrol kekuasaan) dalam era internet dan media sosial, era demokrasi semua orang. Dia masih belum memahami kontrol rakyat itu.

“Rakyat yang tidak jelas,” katanya.

Rakyat yang mengerti opennes dan menggunakan opennes untuk menilai semua soal. Opennes soal polisi dan opennes soal KPK. Pembersihan di polisi maupun di KPK harus open dan transparant, tak ada yang perlu dirahasiakan seperti era diktator Orba.

“Rakyat yang tidak jelas” hanya ada di bayangan seorang diktator yang tak pernah menginginkan KEJELASAN DAN KETERBUKAAN.


[one_fourth]membongkar persembunyiannya[/one_fourth]

Rakyat selalu berikan penjelasan menurut pikiran dan penilaiannya dengan cara jelas dan tanpa sembunyi-sembunyian. Kalau ada yang sembunyi, berarti masih banyak yang lain akan membongkar persembunyiannya. Seperti halnya “rakyat yang tidak jelas” dari Pak menteri ini. Semua orang menjelaskannya dan tak bisa disembunyikan lagi, walaupun dengan segala macam cara.

Kalau hari ini belum ada yang bisa menjelaskan, besok atau lusa ada yang muncul. Itulah keterbukaan rakyat dan kontrol rakyat. Sinergi kekuatan ini menjadi kekuatan jutaan orang.

Leave a Reply