Gule Nurung antara Amerika – Swedia

0
170
gule nurung
Hasil masakan Bu Rosa Arnevill

LORETA KARO SEKALI. AMSTERDAM. Pina Gurusinga yang sekarang tinggal di USA pernah mengunjungi keluarga M.U. Ginting di Swedia. Oleh karena itu, kedua keluarga Karo yang tinggal berjauhan ini tetap menjalin komunikasi lewat facebook. Baru-baru ini, Pina mengirimkan resep gule nurung ke Rosa Arnevill (kemberahen M.U. Ginting) lewat facebook dan langsung diolah oleh Bu Rosa yang memang gemar memasak masakan Indonesia ini.

Bu Rosa langsung menjepret foto nurung bas belanga ketika olahan resep Pina telah siap saji (lihat foto).

Inilah resep yang dikirimkan oleh Pina Gurusinga yang dipersilahkan untuk dicoba oleh pembaca Sora Sirulo.

Bumbu halus: Cabe merah, bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, 1 buah tomat, kunyit, ketumbar. Bumbu diketok: Sere sekitar 3 biji, lengkuas. Bumbu lain: Daun salam, daun kemangi, daun bawang.

 

[one_fourth]Cara memasaknya[/one_fourth]

Tumis semua bumbu halus, sere, lengkuas, daun salam sampe harum. Kalau mau lebih pedas, tambah cabe rawit yang utuh ditumis sama bumbu halus. Masukkan santan kelapa. Tunggu sampe mendidih. Kalau mau tambah dengan terong atau kacang panajang boleh. Sudah masukkan sayurnya, masukkan juga cherry tomatoes. Kasih asam atau air jeruk nipis sesudah mendidih lagi atau sayur setengah masak masukkan ikannya.

Setelah itu, masak dengan suhu medium. Terus, cobain kalau pengen tambah tomat iris kecil-kecil masukkan lagi. Udah mau diangkat masukkan daun bawangnya. Terus bisa dinikmati ditambah dengan pake sayur rebusan. Ikannya dibumbui garam dan air jeruk serta direndam sebentar supaya tidak amis.

Selamat mencoba. Kami persembahkan sebuah lagu sendu tembang manis dari Sinar Ginting di bawah sebagai lagu pengiring masak.



Leave a Reply