Kolom M.U. Ginting: DUIT

0
174
etika 3
Sebuah penampilan Kelompok Teater SIRULO di Lubuk Pakam

M.U. GintingDesmond Wakil Ketua Komisi III DPR mengatakan, ada hikmah di balik kisruh antara Polri dan KPK. Menurut dia, kasus ini merupakan ajang bersih-bersih di dua institusi penegak hukum tersebut. Betul sekali memang, ’kekacauan adalah tetangga Tuhan’, yang negatif akan mengubah dirinya jadi positif.

Kekacauan di kedua institusi ini sudah berumur 5-10 tahun. Proses penyelesaian dulu dan sekarang sudah banyak berbeda, terutama syarat-syarat yang ada sekarang, kesedaran rakyat aktif, yang semakin bertambah jumlahnya ikut ambil bagian dalam memberikan penilaian dan juga kesedaran di kalangan yang bersangkutan sendiri dibandingkan 5-10 tahun lalu.

Syarat-syaratnya sangat berlainan sekarang. Wakil Ketua KPK BW, misalnya, sudah dengan rela mengikuti etika kepemimpinan modern siap mundur teratur dari jabatannya.


[one_fourth]Jutaan penilai dan pengontrol kekuasaan sekarang[/one_fourth]

Ada juga yang mengatakan bahwa Jokowi akan tertimpa nasib seperti Gus Dur sebagai akibat semua kekacauan ini. Tetapi dilihat dari perubahan yang ada dari era Gus Dur sampai sekarang, susah dibayangkan kalau Jokowi bisa bernasib sama. Era mulut besar Abad 20 dengan era Revolusi Mental Abad 21 tak bisa disamakan. Jutaan penilai dan pengontrol kekuasaan sekarang. Itu tidak ada pada era kekuasaan Gus Dur. Tak ada internet, tak ada media sosial. Nasib Gus Dur ditentukan oleh elit politik dengan media masing-masing, kekuasaan dan pengaruh koran besar offline yang menentukan nasib siapa saja pada era itu.

etika 2
Sebuah penampilan Kelompok Teater SIRULO di Lubuk Pakam

Penilaian dari segi pengaruh konflik penggerupan di Polri dari segi angkatan juga lebih meragukan, seperti antara angkatan 83 (BG) dengan angkatan 84-85. Bisa jadi ini ada dalam agenda mereka,  tetapi lebih kuat dan lebih masuk akal kalau semua dinilai dari segi ’uang masuk’ saja.

Semua persoalan dua institusi ini sampai detik hari ini latar belakangnya adalah masalah DUIT atau ….


Leave a Reply