Pelatihan, Harapan dan Perubahan

0
152

Oleh: Kikin Tarigan (Kutacane)

Suatu kebanggaan dan kepuasan tersendiri ketika PKM (Pemuda Karo Medan) dan IMKA (Ikatan Mahasiswa Karo) mau dan mampu berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam menyelenggarakan Character Building Training beberapa waktu terakhir. Layaknya yang sering saya rasakan, akhir sebuah pelatihan selalu memunculkan harapan-harapan akan perubahan dan kemajuan. Demikianlah perasaan yang berkecamuk di dalam hati, meski hanya memantau dari jauh.

Keyakinan akan adanya perubahan sungguh menjadi harapan terbesar, sebagaimana pernah dibahas dalam Copy Darat JMS di Berastagi beberapa waktu lalu. Generasi Emas Karo, dengan segala harapan dan kepentingan. Perubahan menuju Taneh Karo yang kita cita-citakan.

Tentu, beberapa faktor pendukung diperlukan untuk mencapai dan atau mengarahkan diri kita pada harapan yang dicita-citakan. Hal pertama adalah institusi/lembaga yang diharapkan mampu menjadi front terdepan perubahan. Lembaga yang kredibel dan berkelanjutan sangat diharapkan akan mampu menjadi tenaga pendorong dari perubahan itu. Di dalam kelembagaan ini kita dihadapkan pada 3 hal; adanya kepengurusan yang definitif, adanya regenerasi kepengurusan yang regular dan tepat waktu serta adanya pendidikan (pengkayaan dinamika berorganisasi dan pengembangan pribadi).

[one_fourth]media yang subur dalam mengapli-kasikan gagasan perubahan[/one_fourth]

Hal ke dua yang mendukung adalah tersedianya media dalam mengaplikasikan segala kemampuan yang didapat dari pendidikan tadi. Kita dapat menyebutnya sebagai Rencana Tindak Lanjut (RTL). RTL yang baik tidak hanya menjadi media yang subur dalam mengaplikasikan gagasan perubahan tetapi sekaligus menjadi proses perubahan itu sendiri. Lebih jauh lagi kegiatan-kegiatan yang disusun dalam RTL akan menjadi proses seleksi dan pembenihan kader yang akan mengambil alih estafet kepemimpinan organisasi pemuda KARO tadi.

Tentu, pemuda-pemuda generasi emas inilah yang nanti bakal mengisi kepemimpinan organisasi KARO di semua level dan di semua bidang, ke mana pun arah kepentingan dan kendaraan yang dia pakai. Kita boleh terus berharap dan bermimpi karena harapan dan mimpilah yang membedakan kita dengan organisme lain.

Sukses dan terus berkembang Pemuda Karo.

Berita terkait:

Character Building Pemuda Karo Medan Lanjut Hari Ini


Leave a Reply