Pelatihan Character Building PKM Berakhir dengan Semangat Baru

0
189

alexander firdaustpkmSebanyak 30 pemuda dan mahasiswa di Kota Medan turut mengikuti Pelatihan Karakter (Character Building Training) yang diselenggarakan oleh Pemuda Karo Medan (PKM) di Convention Hall Kampus I, Universitas Medan Area (UMA). Pelatihan oleh instruktur tunggal dra. Herlina Surbakti MA ini berlangsung lancar selama dua hari [Jumat 30/1 – Sabtu 31/1] yang setap harinya berlangsung dari Pkl. 10.00 s/d 16.00 WIB.

Fokus materi yang dipelajari pada pelatihan ini adalah mengenai “19 Keterampilan Hidup”. Peserta diajarkan 19 jenis keterampilan dalam kehidupan yang harus dimiliki oleh setiap invidu. Tujuan memahami dari masing-masing keterampilan ini adalah sebagai upaya agar seorang invidu dapat memecahkan sebuah permasalahannya secara pribadi maupun secara berkelompok.

Masing-masing 19 keterampilan yang dimaksud, diantaranya keterampilan dalam persahabatan, keterampilan pemecahan masalah, keingintahuan, usaha, kreatifitas, pengaturan dan perencanaan, kerjasama, kepedulian, kesabaran, mempergunakan penilaian yang masuk di akal, kebanggaan, kesanggupan menyesuaikan diri, integritas, tanggungjawab, penuh dengan ide, inisiatif, dan rasa humor.

Dengan ciri khasnya yang humoris, Herlina beru Surbakti dapat membuat peserta terbawa situasi santai tapi serius dan antusias. Selain itu, peserta pelatihan juga tampak turut aktif mempresentasikan kesimpulan-kesimpulan dari materi yang didiskusikan secara berkelompok, dan sekaligus juga menjalaskan hasil kesimpulan diskusi kelompok, ketika ada kelompok lainnya yang turut bertanya.

Seperti diketahui pada hari pertama, acara pelatihan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor UMA Bidang Kemahasiswaan Ir. Zulheri Noer MP didampingi Pembina Mahasiswa Karo UMA Usman Tarigan MSi dan Rehia beru Barus MSos. Turut hadir pula perwakilan dari Bank Sumut yang menjadi sponsor utama dalam kegiatan ini.

Sebagai peserta yang hadir, masing-masing berasal dari berbagai perguruan tinggi di Kota Medan, diantaranya Universitas Medan Area, Universitas Sumatera Utara (Mahasiswa S2 dan Mahasiswa S3), Institut Teknik Medan, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Politeknik Negeri Medan, Akademi Pariwisata Medan, Perguruan Tinggi, Triguna Dharma, AMIK MBP (Alumni), Politeknik MBP (Alumni), Universitas Padjajaran Bandung (Alumni).

Pada akhir Pelatihan Karakter, beberapa peserta masih melanjutkan berdiskusi untuk menuangkan gagasan dan pemikiran tentang kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan oleh komunitas Pemuda Karo Medan dalam waktu dekat ke depannya. Tidak lupa dalam kesempatan tersebut Denhas Sembiring Maha selaku koordinator pelaksanaan pelatihan mengucapkan terimakasih kepada instruktur dan seluruh peserta yang telah turut ikut ambil bagian untuk mensukseskan kegiatan ini.

“Terimakasih kepada bibi Herlina beru Surbakti yang telah turut meluangkan waktu sebagai instruktur pada kegiatan ini. Begitu juga saya mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh teman-teman peserta pelatihan. Tanpa kalian kegiatan ini tentu tidak akan menjadi berarti. Bila ke depan ada kegiatan di IMKA di kampus teman-teman masing-masing, maka kami dari PKM juga siap untuk membantu bila dibutuhkan,” ujar Denhas.

Seluruh peserta juga mengungkapkan rasa bangganya karena telah turut ikut ambil bagian dalam kegiatan Pelatihan Karakter yang diselenggarakan oleh PKM. Mereka menyatakan kesiapan dirinya untuk terus dilibatkan dalam setiap kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh komunitas PKM ke depannya.

Berita Terkait:

– Pelatihan, Harapan dan Perubahan

– Character Building Pemuda Karo Medan Lanjut Hari Ini

– Pelatihan Karakter Pemuda Karo Medan Telah Dimulai


Leave a Reply