Anggaran Belanja Amerika dalam Usulan

0
265

LAZUARI LANGGUMINA. WASHINTON. Presiden Amerika Serikat Barack Obama kemarin [Senin 2/2] membuat usulan anggaran belanja negara yang dimaksudkan untuk mendukung kelas menengah tapi lebih membebani orang-orang kaya dan perusahaan-perusahaan besar. Pemerintahannya berharap tahun ini pertumbuhan ekonomi sebesar 3,1% dan tingkat pengangguran ditekan hingga 5,4%.

Anggaran yang diajukan oleh presiden ini berjumlah hampir $ 4.000 miliar dengan ramalan kekurangan anggaran $ 474 miliar, yakni 2,5% dari bruto produk dalam negeri. Kekurangan anggaran akan ditekan a.l. melalui peraturan-peraturan pajak, penghematan kesehatan dan reformasi kebijakan imigrasi.

Apakah usulan presiden dari Partai Deokrat ini akan diterima oleh oposisi Partai Republik yang sejak tahun lalu mayoritas di Parlemen? Ini masih menjadi pertanyaan besar. Kelihatannya usulan ini akan mereka tolak.

Contoh pajak yang lebih memberatkan perusahaan besar adalah pajak keuntungan di luar negeri. Obama ingin membiayai pembangunan jalan dan meningkatkan transportasi umum dengan pajak atas keuntungan yang diperoleh perusahaan-perusahaan Amerika di luar negeri. General Electric, misalnya, menurut BBC memiliki $ 110.000.000.000 (lebih dari 97 milyar) laba yang diparkirkan di luar negeri.


[one_fourth]Ada kemungkinan usulan diterima Partai Republik[/one_fourth]

Obama tidak akan membebani pajak keuntungan luar negeri seperti itu bila saja uangnya ditransfer ke Amerika Serikat, bukannya diparkirkan di luar negeri. Obama ingin mengakhiri praktek-praktek memarkirkan keuntungan di luar negeri seperti ini. Selain itu, usulan Obama juga menggarisbawahi perbedaan antara keuntungan yang telah diperoleh saat ini dengan keuntungan yang masih sedang akan dibuat oleh perusahaan-perusahaan besar itu. Untuk keuntungan yang telah diperoleh dikenakan pajak 14%, sedangkan untuk keuntungan yang masih sedang akan diraih dikenakan menjadi 19%. Pengamat meramalkan cara pembedaan seperti ini memberi kemungkinan usulan anggaran belanja negara dapat disetujui oleh Partai Republik.

Obama juga ingin menghabiskan $ 8.800.000.000 tahun depan untuk memerangi Negara Islam (IS) serta untuk mendapat dukungan dari militer Irak dan oposisi moderat di Suriah. Uang itu adalah sekitar $ 5.300.000.000 untuk Kementrian Pertahanan AS, termasuk untuk melaksanakan serangan udara.

Usulan anggaran juga termasuk uang untuk memastikan bahwa pasangan gay yang menikah di semua negara bagian AS memiliki keuntungan yang sama dalam hal jaminan sosial sebagaimana dimiliki oleh pasangan heteroseksual. Dicanangkan $ 14.000.000.000 untuk sepuluh tahun ke depan.


Leave a Reply