Belgia Diancam Oleh IS

2
219

LORETA KAROSEKALI. BRUSEL. Surat kabar Belgia Het Laatste Nieuws (HLN) menerima surat ancaman diduga dari Negara Islam (IS). Surat ini berisikan ancaman akan menyerang Belgia di hari-hari libur Barat seperti halnya hari Minggu dan hari-hari suci agama Kristen lainnya.

Polisi Belgia telah melancarkan penyelidikan terhadap penulis surat. Menurut surat kabar ini, pengadilan Belgia menanggapi ancaman ini dengan serius. Mereka menerima surat ancaman yang ditulis di dalam bahasa Perancis itu kemarin malam [Selasa 3/2] dan kemudian diserahkan ke pengadilan. Sekarang, sedang dalam penyelidikan polisi.

Surat itu antara lain menyatakan bahwa apa yang terjadi di Perancis baru-baru ini akan terulang di Belgia. Surat itu juga ditujukan ke Walikota Antwerp, Bart de Wever, dan Raja Philip serta mengancam akan meledakkan bom otomatis baik di kota-kota besar maupun di daerah pedesaan.

“Dari Belgia IS akan menaklukkan Eropa,” tertulis di dalam surat ancaman itu.

2 COMMENTS

  1. IS semakin lemah digempur banyak negara.
    Betul memang susah bisa dipercaya kalau IS bisa bikin serangan besar ke Belgia. Tetapi di negeri-negeri lemah dan banyak perpecahan, IS bisa kuat. IS pandai cari biaya atau pembiayanya kuat, sehingga mereka selalu bisa rekrut pengikut terutama anak-anak muda islam fanatik atau difanatikkan lebih dulu + juga tentara sewaan dari berbagai negeri.
    Dari Swedia lebih dari 100 orang masuk pejuang IS di Irak/Syria. Semuanya anak-anak orang islam asal dari timur tengah. Sebagian besar sudah tewas, dan sekarang sisanya yang akan pulang kembali ke Swedia jadi bahan diskusi aktual bagi pemerintah dan semua instansi ynag bersangkutan dengan terorisme.
    Dari segi perpolitikan internasional, IS adalah fokus dari konflik yang masih tajam di timur tengah. Satunya ialah antara islam shuni dan shia dari satu segi, segi lainnya adalah pencerminan konflik Palestina-Israel dan Israel-Iran, dan juga Kurdistan-Irak serta Kurdistan-Turki. Semuanya sekarang terpusat di perang IS. Rezim Assad adalah musuh bagi semua, pendukungnya cuma Rusia. Assad punya aliran islam tersendiri dari satu suku minoritas di Syria, tak termasuk Shuni maupun shia.

    MUG

Leave a Reply