Kolom M.U. Ginting: PUAN

0
172

M.U. GintingpuanBicara soal menggugah hati rakyat, menteri yang dapat ’sentimen positif’ dari masyarakat, seperti kita lihat belakangan ialah menteri yang bikin terobosan di bidang kerjanya masing-masing.

Terobosan yang sudah agak ketinggalan ialah ’blusukan’, masih banyak yang menjalankan tetapi semakin terlihat tak ada gunanya kalau tak diikuti dengan ide baru atau terobosan baru, artinya tindakan konkrit. Puan sebagai menteri tidak terlihat sudah berinisiatif bikin sesuatu, ide baru atau terobosan baru dalam bidangnya.

Bos semua menteri ini (Jokowi) sendiri bikin terobosan-terobosan baru yang berkwalitas dan berisiko tinggi, seperti halnya dalam menghapuskan subsidi BBM dan terakhir ialah berani menyerahkan ke publik lewat semua kontra-pro pencalonan polisi BG jadi Kapolri walaupun sudah diluluskan DPR.

Dari semua diksusi terbuka di kalangan publik, sekarang Jokowi sudah punya pegangan mantap soal BG, karena sudah banyak sekali bahan yang dia perlukan tertera dalam diskusi terbuka rakyat banyak. Itulah kehebatan dan kelebihan Jokowi dalam memahami dan memanfaatkan era keterbukaan Abad 21.


[one_fourth]Nama kementeriannya memang hebat dan ke abstrakannya juga hebat[/one_fourth]

Puan sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan memegang atau mengkordinasi (?) bidang yang sangat abstrak. Puan ditugaskan untuk membangun manusia dan budayanya. Nama kementeriannya memang hebat dan ke abstrakannya juga hebat. Kalau ditanya kepada rakyat biasa tentu susah mengartikannya secara konkrit, apakah maksudnya menyekolahkan anak atau ngajari main wayang atau pandai pencak silat.

‘Sentimen positif’ masyarakat timbul kalau mereka melihat hal-hal konkrit saja, yang absrak tak pernah jadi ’sentimen publik’, seperti halnya menghapus subsidi BBM Jokowi atau menenggelamkan kapal pencuri ikan oleh menteri laut. Cepat dapat reaksi positif dari orang banyak. Bagi Puan, tinggal mengkonkritkan masalah abstrak yang ditanganinya. Bagi masyarakat banyak, tentu apa sajapun adalah abstrak kalau tak terlihat atau tak terasa dari segi terobosan konkrit.

Kementerian Puan dalam 100 Hari Jokowi masih bersifat abstrak seperti namanya.


Leave a Reply