TENTANG PIED PIPER

0
135

Oleh: Efrata Ketaren (Medan)

 

efrata ketaren 1pied 1Suatu kali, ketika saya sedang berada di perpustakaan, sesuatu memberikan dorongan yang begitu kuat di hati tentang kekuatan Pied Piper. Jadi timbul dorongan untuk mencari tahu latar belakang tokoh yang menarik ini dan maknanya bagi kita sekarang.

Hamlin sebuah kota di Jerman, diserang hama tikus. Dalam kisah tentang Pied Piper, yang terjadi pada tahun 1284, seorang asing berpakaian warna warni menawarkan diri untuk membasmi hama tikus ini dengan ganjaran sejumlah uang dalam jumlah tertentu. Para pejabat kota setuju dengan penawarannya.

Lalu, orang asing itu berjalan menyusuri jalan-jalan kota itu sambil meniup sebuah suling. Tikus-tikus pun berhamburan keluar dari tempat-tempat persembunyian mereka dan mengikutinya. Ia mengarahkan tikus-tikus itu ke sungai, dan akhirnya semua tikus itu mati tenggelam.


[one_fourth]Satu generasi telah lenyap[/one_fourth]

Tetapi, para pejabat mengingkari janji mereka untuk membayarnya, sehingga ia menjadi marah. Piper mengambil sulingnya dan kembali ia berjalan menyusuri jalan-jalan kota itu. Kali ini, semua anak kecil di kota itu keluar mengikutinya. Ia membawa mereka ke mulut sebuah gunung yang terbuka untuk menelan semua anak itu dan kemudian tertutup kembali. Anak-anak itu tak terlihat lagi.  Satu generasi telah lenyap.

pied 2Kita bisa melihat kisah ini dari sisi positif dengan memakai lensa profetik dan MENYADARI bahwa hal yang sama telah terjadi pada generasi akhir di zaman kini, termasuk generasi muda Karo. Musik telah dipakai untuk hal yang baik dan jahat, dan seluruh generasi anak-anak muda dengan membuta mengikutinya. Musik memiliki kekuatan spiritual yang memikat.

Inilah saatnya para peniup surdam serunai belobat untuk bangkit dan menangkap hati generasi muda Karo!



Leave a Reply