Tutup Buka Tahun Karo di Rumah Dayak

0
183

ketapang 1JOB S. PELAWI. KETAPANG. Acara Tutup-Buka Tahun Karo diadakan di sebuah rumah adat Dayak atau biasa disebut rumah Betang Dayang Ketapang hari ini [Sabtu 7/2].

Acara ini dimeriahkan dengan kibot Karo. Selain bisa mengiringi orang-orang dewasa menari, kibot Karo ini membuat acara semakin meriah saja karena anak-anak juga mau menari. Mereka disumbang oleh orangtua mereka sehingga anak-anak semakin terdorong menari Karo.

Semaraknya anak-anak menari membuat acra semakin semarak pula meskipun hanya ada 40 keluarga yang hadir. Kebetulan, memang, tidak begitu banyak orang Karo di Ketapang (Kalimantan Brat). Sebagian dari keluarga Karo itu adalah juga hasil perkawinan cmpur dengan Melayu. Uniknya, para istri Karo yang berasal dari Suku Melayu telah pintar menari Karo. Bahkan ada diantaranya yang telah mahir menyanyikan lagu-lagu Karo.

Acara ini sebenarnya direncanakan dilaksanakan bulan lalu. Namun, kemudian diundurkan agar sekalian serentak dengan acara arisan Merga Silina. Sebagian besar orang Kro yang tinggal di Ketapang adalah pekerja dan beberapa diantaranya adalah manajer di salah satu perkebunan di Ketapang.


Leave a Reply