Groningen Temukan Alat Mereperasi Organ Tubuh

0
193

groningen 1LORETA KAROSEKALI. GRONINGEN. Selama ini, rumah sakit pada umumnya menyimpan bahan organ tubuh manusia (spt. jantung, paru-paru, hati dan ginjal) di dalam ruang pendingin agar tetap awet hingga saatnya dicangkokkan ke tubuh seorang pasien. Cara ini punya kelemahan karena terkadang organ-organ itu tidak cukup awet lagi untuk dicangkokkan pada saat dibutuhkan. Namun, kini, University Medical Center Groningen (UMCG) di Groningen (Belanda) telah dapat menyelamatkan semua organ yang mereka miliki sejak mereka menemukan sebuah alat yang disebut ‘organ perfusion chamber’.

Alat ini tidak hanya tempat menyimpan organ, tapi juga untuk menyalurkan gizi makanan yang dibutuhkan organ sebagaimana dia dulunya menjadi bagian dari tubuh manusia hidup. Makanan yang disalurkan ke organ adalah dalam bentuk cairan dengan kadar oksigen yang tinggi.


[one_fourth]organ-organ juga bisa direperasi[/one_fourth]

Dengan begitu, sebuah organ bukan lagi diawetkan tapi dipelihara untuk tetap “hidup” sebelum dicangkokkan ke tubuh seseorang. Lebih dari itu, dengan alat ini, organ-organ juga bisa “direperasi” sebelum pencangkokan dilakukan.

UMCG adalah rumah sakit pertama di Belanda yang memiliki alat ini. Beberapa rumah sakit lain di beda negara juga telah memilikinya, tapi alat yang ditemukan oleh UMCG adalah pertama di dunia yang dapat digunakan untuk semua jenis organ donor. Alat yang dipakai di beberapa rumah sakit lain hanya untuk jantung saja, atau paru-paru saja, hati saja atau ginjal saja. UMCG adalah yang pertama memiliki alat yang bisa dipergunakan untuk semuanya jantung, paru-paru, hati maupun ginjal.

Dengan ditemukannya alat ini, 10 sampai 20% lebih banyak orang bisa mendapatkan organ donor.


Leave a Reply