Bupati Karo Canangkan Gerakan Hijau Lestari Desa Merek

0
172
penghijauan 1
Bupati Karo menyerahkan bibit kepada salah seorang siswa dalam pelaksanaan Gerakan Hijau Lestari Desaku

ngguntur purbaNGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Kwalitas lingkungan telah mengalami perubahan yang cukup buruk terhadap manusia. Kerusakan lingkungan terutama telah mengakibatkan pencemaran udara dan air serta menurunnya kualitas lingkungan akibat bencana alam, banjir, longsor, kebakaran hutan, dan krisis air bersih. Untuk mengantisipasi agar tidak terjadi dampak lebih buruk lagi akibat lingkungan yang mulai rusak, Bupati Karo Terkelin Berahmana SH mencanangkan Gerakan Hijau Lestari Desaku bersama Forum Masyarakat Peduli Lingkungan Kabupaten Karo yang dimulai dari Kecamatan Merek, tepatnya di Desa Pengambaten [Jumat 14/2].

”Mewujudkan program Gerakan Hijau Lestari Desaku serta menjaga kelestarian lingkungan dan hutan tidak cukup dengan kata-kata, tetapi melalui bukti nyata. Para siswa-siswi dari SMK /SMA diharapkan menjadi pelopor kegiatan ini. Saya sangat terkesan dengan kata-kata yang disampaikan para siswa-siswi tadi yakni hijaukan Taneh Karo,” ujar Bupati Karo.

Menurut Terkelin, hendaknya kegiatan ini ditindaklanjuti serta diadakan secara terus menerus hingga pada ahirnya nilai positif dari kegiatan dapat dirasakan oleh masyarakat sehinga pada akhirnya hijau lestari desaku dapat terwujud sebagaimana yang kita harapkan.

”Pemerintah Kabupaten Karo mendukung sepenuhnya kegiatan ini dengan menyediakan seluruh bibit tanaman pohon yang akan ditanam di tempat yang telah dipilih nantinya,” katanya.


[one_fourth]kegiatan ini akan diadakan di 17 kecamatan Kabupaten Karo[/one_fourth]

Pelaksana kegiatan Gerakan Hijau Lestari Desaku, Sarjana Ginting (didampingi oleh Anita Teresia, Enita Br Tarigan, Jhoni Sembiring, Marko Sembiring dan Santarias Ginting) mengatakan dalam sambutannya, kegiatan ini akan diadakan di 17 kecamatan Kabupaten Karo dengan melibatkan siswa-siswi SMA/SMK setempat dengan tujuan agar para siswa generasi Kabupaten Karo dapat menjadi pelopor peduli lingkungan. Nantinya, mereka diharapkan dapat meneruskan kegiatan ini secara estafet ke generasi berikutnya.

”Untuk itu, dalam kesempatan ini, kami juga mengucapkan banyak terimakasih kepada Bupati Karo Terkelin Berahmana SH karena telah memberi dukungan dengan mencanangkan Gerakan Hijau Lestari Desaku. Dengan adanya penerapan penghijauan lingkungan di lingkungan diharapkan bisa menjadi salah satu alternatif dalam menata dan memelihara kelestarian lingkungan hidup di wilayah kita. Di samping itu, perlu ditingkatkan kesadaran masyarakat memelihara dan melestarikan lingkungan hidup dalam mengantisipasi segala bentuk pengrusakan dan pencemaran lingkungan. Pembangunan lingkungan yang berwawasan lingkungan merupakan dasar dalam menciptakan suasana keindahan dan kenyamanan lingkungan, terutama dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat kita yang optimal,” paparnya.


Leave a Reply