Sinabung Meletus Tadi Sore

0
247
sinabung 10
Kenderaan yang datang dari Berastagi terkena debu vulkanik

ngguntur purbaNGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Setelah terjadi hujan deras sebelumnya, Gunung Sinabung mengalami erupsi dan menghembuskan awan panas sore tadi [Rabu 18/2: Pkl. 19.00 WIB]. Terlihat sekejap dari kejauhan adanya aliran lava pijar setelah terjadi letusan awal.

Sebelum terjadi letusan ini, beberapa desa di kaki Gunung Sinabung terkena aliran lahar dingin akibat aliran air hujan dari lembah-lembah Gunung Sinabung yang sekalian membawa lumpur gunung. Parahnya, lahar dingin ini mengakibatkan terputusnya jalan ke desa-desa tertentu. Lahar dingin yang menutup jalan-jalan menyebabkan sulitnya jalan-jalan dilalui kenderaan karena licin.

Setelah beberapa jam mengamati keadaan Gunung Sinabung dari kejauhan, perlahan gunung ini menghilang tertutup awan.


[one_fourth]desa di kaki gunung malahan tertimpa hujan lumpur[/one_fourth]

Sebagian besar warga di sekitar Kabanjahe menganggap letusan ini sebagai sesuatu yang sudah biasa karena seringnya terjadi. Namun tidak demikian halnya dengan warga Berastepu yang selama ini telah mendirikan tenda di Simpang Sebintun. Mereka berhamburan meninggalkan tenda-tenda mereka karena khawatir terhadap aliran lahar dingin. Beberapa desa di kaki gunung malahan tertimpa hujan lumpur, seperti halnya Naman dan Kuta Tonggal.

Adapun jalan yang terputus karena tidak dapat dilalui kenderaan lagi adalah antara Simpang Sukatendel dengan Tiganderket.

Pantauan Sora Sirulo di Kabanjahe menunjukkan kenderaan-kenderaan yang datang dari arah Berastagi (lihat foto di atas) umumnya diselimuti oleh debu vulkanik. Ini menandakan angin berhembus ke arah Berastagi sehingga kota wisata itu menerima hujan debu.


Leave a Reply